Narsis Abis! Ajarkan Selfie Hingga Endorse, Tiongkok Buka Sekolah Jadi Seleb Dunia Maya Profesional


SURATKABAR.ID – Seiring perkembangan zaman yang kini kian canggih, telah banyak bermunculan platform media sosial yang semakin digandrungi masyarakat. Ini dikarenakan dewasa ini, artis bukan hanya mereka yang tampil di TV. Siapa saja bisa menjadi artis tanpa harus terlihat di layar kaca. Seperti diketahui, akhir-akhir ini ketenaran selebgram, vloger, atau artis internet justru mengalahkan artis sinetron hingga bintang film ternama.

Bicara tentang artis dunia maya, Negeri Tiongkok bahkan sampai membuka sekolah khusus untuk profesi ini. Lulusannya dijamin menjadi selebgram profesional, terkenal, dan pasti viral. Dilansir dari Nextshark.com melalui Travel.TribunNews.com Jumat (29/06/2018), sekolah yang dijuluki ‘the largest internet star training school in central China’ ini didedikasikan untuk mencetak dan melatih artis dunia maya yang kompeten.

Sekolah ini terletak di Wuhan, ibukota Provinsi Hubei di China tengah. Dan tentu saja kurikulum sekolah artis internet ini berbeda dengan sekolah akademis pada umumnya. Siswa di sekolah ini tak belajar ilmu pengetahuan untuk mengejar gelar sarjana, tapi belajar ‘narsis’ secara profesional.

Alih-alih membawa buku, pena dan pensil, siswa sekolah ini menggunakan tongkat selfie dan smartphone sebagai alat utama. Sekolah ini didirikan setelah melihat peluang dan minat banyak orang yang ingin menjadi artis terkenal dan berpenghasilan tinggi. Namun, tak diketahui secara pasti apa saja yang dipelajari para wanita di sekolah ini.

Dilihat dari postingannya di media sosial, mereka diajari cara mengambil foto selfie dari berbagai angle pengambilan foto.

Baca juga: Coblos di Pilkada 2018, Ayu Ting Ting Ungkap Harapan Besarnya Untuk Gubernur dan Wagub Jabar Mendatang

“Kami mengajarkan cara memberikan hadiah (give away), membuka endorse, membuat topik viral, dan mengikuti apa yang dicari penggemar,” demikian diungkapkan oleh seorang pejabat sekolah yang tak ingin disebutkan namanya kepada South China Morning Post.

“Kami ingin melatih para siswa menjadi artis dunia maya yang terampil dan persuasif dalam memasarkan barang secara online,” tambahnya.

Sementara itu, menurut laporan dalam laman medium.com, meski pun sekolah mengklaim dapat membantu meningkatkan semua aspek daya tarik, gaya berbusana serta riasan, dan penampilan seorang di depan kamera sebagai ‘camgirl’, tidak dibeberkan apa rahasia khususnya bagaimana mereka akan melakukannya.

Namun berdasarkan foto-foto yang beredar di media massa, akademi tersebut memang sebagian besar melibatkan wanita yang tampak sedang mengantre dan berfoto narsis.