Tak Hanya Harry Moekti, 8 Seleb Ini Juga Terpanggil Tinggalkan Dunia Keartisan Demi Perdalam Agama


SURATKABAR.ID – Dunia hiburan kembali mendapat kabar duka pada Minggu (24/06/2018) malam. Harry Moekti, pendakwah sekaligus mantan rocker Tanah Air Indonesia diduga meninggal dunia akibat stroke. Almarhum meninggal di Rumah Sakit Dustira Kota Cimahi, sekitar pukul 20.49 WIB.

“Meninggal tadi pukul 20.49 karena sakit stroke,” tutur sang adik, Abah Moekti Chandra, saat dihubungi pers melalui sambungan telepon, Minggu (24/06/2018), seperti dikutip dari laporan TribunNews.com, Selasa (26/06/2018).

Jenazah diketahui dimakamkan di Bogor pada Senin (25/06/2018) pagi.

Sebagai penyanyi rock, nama Harry Moekti  melambung berkat lagu “Lintas Melawai”, “Ada Kamu”, “Aku Suka Kamu Suka”, dan “Hanya Satu Kata”.

Di akhir hidupnya, karier bermusik Harry kian jarang terdengar di blantika musik Tanah Air. Saat usianya menginjak 40 tahun, Harry Moekti mengisi kegiatannya sebagai mubalig. Pria kelahiran Kota Cimahi ini memang memutuskan hijrah dari panggung hiburan ke majelis dakwah.

Baca juga: Sosok Fenomenal Ustadz Abdul Somad, Disebut ‘Dai Sejuta Umat’ karena Dakwahnya yang Mengena

Namun rupanya tak hanya Harry Moekti saja. Selama ini, diketahui ada beberapa selebritis dan musisi yang juga berhijrah meninggalkan dunia keartisannya demi mendalami agama. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah daftarnya:

  1. Sakti SO7

Sakti yang sempat dikenal sebagai personel Sheila on 7 belakangan memilih hengkang dari grup band yang membesarkannya pada tahun 2006 silam itu.

Memilih habiskan waktunya mendalami agama, nama Sakti pun sudah tidak dia pakai dan digantikan dengan nama Salman Al Jugjawi. Saat ini Salman Al Jugjawi memilih menetap dan berdakwah di daerah asalnya, Yogyakarta.

  1. Irvan Rotor

Gitaris band thrash metal legendaris Rotor ini memutuskan meninggalkan band untuk mendalami agama dan menjadi dai. Rotor sendiri termasuk band papan atas di Indonesia.

Rotor juga pernah mengadu nasib sampai ke Amerika, terinspirasi dari Sepultura, band asal Brasil. Namun, akibat masalah keuangan yang menipis dan kematian rekan-rekannya, membuat Irvan memasuki tahap pencarian tujuan hidup.

Pada 1997, tibalah ia di toko buku di wilayah Jakarta. Saat itu ia langsung tertuju pada buku berjudul “The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History” yang ditulis oleh Michael H. Hart.

Membuka isi buku itu ia pun heran karena tertulis nama Nabi Muhammad SAW sebagai orang nomor 1 yang memiliki pengaruh di dunia. Pada tahun 1998 ia memutuskan untuk mencari ustaz yang dapat menjelaskan tentang perkara tersebut.

Hingga setelah malang melintang dari masjid ke masjid dan mengikuti beberapa pengajian, pria kelahiran Surabaya, 2 Maret 1970, ini akhirnya bertekad meninggalkan hingar-bingar dunia keartisan.

  1. Gito Rollies

Gito Rollies dikenal sebagai musisi band genre rock, The Rollies. Ia pernah terjerat masalah  hukum akibat kasus narkoba, yang menjadikan Gito berubah.

Tahun 1997 ia memilih mendalami agama dan kemudian menjadi pendakwah, hingga akhirnya meninggal pada 2014 lalu.

  1. Akrie Patrio

Akrie Falaq atau yang lebih dikenal dengan Akrie Patrio ini dulunya terkenal sebagai pelawak grup Patrio bersama Eko dan Parto. Sejak mereka bubar, Akrie merambah ke dunia seni peran.

Perannya sebagai Ustaz Ferry dalam sinema Ramadhan, “Para Pencari Tuhan”, ternyata membuat Akrie berubah menjadi pendakwah hingga saat ini.

  1. Donnie ADA Band

Donnie resmi keluar dari ADA Band sejak November 2017. Kabar keluarnya vokalis ADA Band ini baru saja diumumkan secara resmi.

Dilansir dari Kompas.com, penampilan terakhir Donnie di atas panggung pada 5 November 2017, saat konser di Medan.

Keluarnya Donnie dari ADA Band lantaran kesibukannya dengan kegiatan keagamaan.

Menurut keterangan dari bassist ADA Band, Jumat (17/11/2017) sore, sosok Donnie kini berubah menjadi lebih religius.

Ia menambahkan, kegiatan pelayanan gereja Donnie sangat padat sejak setahun terakhir.

“Jadwal kami sering tidak cocok. Saat ini saja Donnie ada di Jepang,” terangnya.

  1. Dolores Hart

Aktris kelahiran 1938 ini memulai kariernya di usia yang cukup muda. Di umur 18 tahun, dia bahkan beradu akting dengan penyanyi legendaris Elvis Presley dalam film “Loving You” (1957).

Selama 5 tahun berikutnya, Dolores sudah beradu peran dengan aktor-aktor kenamaan Hollywood seperti Stephen Boyd, Montgomery Clift, George Hamilton, dan Robert Wagner.

Hingga tiba-tiba pada usia 24 tahun di puncak kariernya sebagai artis top Hollywood, Dolores mengumumkan bahwa dirinya meninggalkan itu semua demi menjadi seorang suster.

Menurut penjelasannya, dirinya memiliki semacam titik balik saat syuting “Francis of Assisi”, dimana disitu ia berperan sebagai St Clare of Assisi.

Saat syuting di Italia itulah, dia bertemu Paus St John XXIII dan merasa terpanggil dengan sebuah kalimat dari Sang Paus. Keputusannya sendiri untuk meninggalkan dunia keartisan di masa-masa puncaknya, membuat fansnya dan beberapa teman syok.

  1. Peggy Melati Sukma

Mantan pacar Teuku Zacky ini sekarang berubah drastis dan menjadi lebih Islami dengan mengenakan hijab. Peggy saat ini dikenal sebagai pendakwah yang mempunyai pembawaan santun. Selain bersyiar di jalan agama, Peggy juga fokus sebagai penggiat sosial.

  1. Astri Ivo

Pernah membintangi sejumlah judul sinetron dan film, tak membuat artis cantik ini terus berkarier di dunia hiburan Indonesia. Astri Ivo kini lebih fokus ke dunia dakwah.

Wanita kelahiran 21 September 1964 mulai menjadi pendakwah sejak tampil sebagai presenter acara keagamaan. Dari situlah semuanya berubah.