Deretan 6 Pesepakbola Piala Dunia yang Bertato, Maknanya Dalam Banget!


SURATKABAR.ID – Saat ini, seni tato tak hanya lekat dengan para pelaku seni saja tapi juga merambah dunia olahraga. Kini ada banyak sekali pesepakbola dari Eropa dan Amerika Latin khususnya yang sering menato tubuhnya. Seni rajah tubuh kerap menjadi pilihan untuk mengekspresikan seni dan emosi. Demikian halnya dengan keenam pesepakbola Piala Dunia 2018 kali ini.

Yang menarik, para pesepakbola ini bukan sekadar merajah tubuhnya dengan gambar menarik saja. Mereka ini merajah tubuhnya sebagai sebuah tanda atas kenangan hidup yang dijalaninya. Bahkan ada beberapa dari mereka yang menato tubuh dikarenakan kenangan pahit yang pernah mereka alami.

Melansir laman Brilio.net, Jumat (22/06/2018), berikut enam pesepakbola Piala Dunia 2018 yang menato bagian tubuhnya karena ingin mengabadikan kenangan hidup mereka, siapa saja?

  1. Raheem Sterling

Pesepakbola asal Inggris, Raheem Sterling menato kaki kanannya dengan gambar pistol. Tato ini ternyata merupakan salah satu tanda kenangan pahit Sterling. Pada usia 2 tahun, ayahnya ditembak mati. Ia berjanji untuk tidak menyentuh pistol. Ia menggantinya dengan motivasi positif untuk menembak (membuat gol) dengan kaki kanannya.

Baca juga: Iklannya di Piala Dunia Malah Melecehkan Wanita, Burger King Minta Maaf

  1. Lionel Messi

Pemain Argentina ini memiliki tato di beberapa bagian tubuhnya. Tato perdana yang dibuatnya adalah tato sang ibu di punggungnya. Ia juga mempunyai tato nama anaknya, Thiago, di betis kirinya. Ia juga menato angka 10 yang merupakan nomor punggungnya di Barcelona dan Argentina, serta sebuah bola dan pedang. Tato ini menunjukkan kecintaannya pada sepakbola.

  1. Sergio Ramos

Hampir seluruh tubuh kapten Real Madrid, Sergio Ramos ditutupi oleh tato. Salah satu tato yang bermakna mendalam adalah tato di lengan kirinya. Tato ini untuk mengenang teman dekatnya dan mantan rekan setimnya, Antonio Puerta yang meninggal pada usia 22 tahun. Puerta meninggal saat bermain untuk Sevilla melawan Getafe pada Agustus 2007.

  1. Gabriel Jesus

Striker Brasil ini mempunyai tato di lengan kanannya dengan gambar wajah sang ibu. Tato ini wujud kecintaannya pada sang ibu. Pemain Manchester City ini juga memiliki tato lain di beberapa bagian tubuhnya. Jesus mengakui jika tatonya itu biasanya merefleksikan kehidupannya di kampung halamannya, Brasil.

  1. Roberto Firmino

Pemain Brasil ini menato tubuhnya untuk merefleksikan cinta untuk keluarga. Dia memiliki gambar ibu dan ayahnya di lengan kanannya. Sementara di lengan kirinya ada gambar wajah sang istri Larissa Pareira. Di dadanya juga ada tato nama anaknya, Valentina Firmino.

  1. Neymar

Bintang Paris Saint German ini memiliki tato tulisan di lehernya yang memiliki makna filosofis. Kalimat “Tudo Passa” berarti “tidak ada yang abadi” dalam bahasa Indonesia. Neymar juga memiliki tato di kaki dengan kata “Ousadia” dan “Alegria” yang berarti “berani” dan “kebahagiaan”. Tato ini menjadi motto hidup dari Neymar.