Awas Jangan Asal Follow! Banyak Akun-Akun Palsu Mengaku Milik Ustaz Abdul Somad


SURATKABAR.ID Siapa yang kini tak mengenal Ustadz Abdul Somad. Sebagai seorang ustadz sosok Abdul Somad kini sedang naik daun dan digandrungi oleh beberapa pihak.

Memiliki nama lengkap Abdul Somad Batubara, ustaz kelahiran Simo Lama, Asahan, Sumatera Utara ini merupakan lulusan dari Universitas Al-Azhar, Mesir dan meneruskan jenjang S2 di Institut Daar al-Hadits al-Hasaniyyah, Maroko.

Selain berdakwah, Abdul Somad juga dipercaya untuk mengajar di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.

Nama Abdul Somad mulai dikenal oleh khalayak semenjak dakwahnya tersebar luas melalui saluran Youtube.

Dalam pengajiannya, Abdul Somad kerap mengulas tentang berbagai persoalan Agama dan isu kontemporer.

Baca Juga: Puasa Qadha atau Syawal, Mana yang Harus Didahulukan? Begini Jawaban Ustaz Abdul Somad

Nah, bagi pengguna media sosial, khususnya Twitter, waspadalah. Sebab, dalam beberapa waktu belakangan ini, banyak bermunculan akun-akun palsu yang mengatasnamakan Ustaz uamh akrab disapa UAS tersebut.

Penceramah kondang ini sampai harus mengeluarkan klarifikasi bahwa dirinya tak memiliki akun di Twitter. Dan memastikan, semua akun Twitter yang memakai namanya adalah palsu.

Saya tidak punya akun Twitter,” tulis Ustaz Abdul Somad di akun Instagram pribadinya seperti dikutip VIVA.co.id, Rabu (20/6/2018).

Dan, di media sosial Instagram, Ustaz Abdul Somad, hanya memiliki satu akun, @ustadzabdulsomad, lengkap dengan logo centang biru verifikasi resmi dari Instagram.

ada lebih dari tiga akun Ustaz Abdul Somad di Twitter, masing-masing bernama akun @Ust_AbdulSomad, @AbdulSomad_LcMa dan @UstazSomad.

Ketiga akun Ustaz Abdul Somad palsu ini rata-rata sudah dibuat sejak tahun 2017. Dan sudah memiliki banyak pengikut meski baru beberapa kali berkicau.

Tidak diketahui motif para pemilik akun palsu itu memakai nama Ustaz Abdul Somad. Yang jelas, selama ini kemunculan akun palsu biasanya hanya untuk mencari pengikut saja.