5 Kota Tiruan di China yang Dibangun Mirip dengan Landmark Khas Eropa


SURATKABAR.ID – Selama ini, sudah bukan rahasia lagi betapa China dikenal sebagai negara yang jago membuat benda tiruan. Sebagai negara yang terletak di Asia Timur dengan ibukota bernama Beijing, China memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Selain itu, luas wilayahnya yang besar menjadikan Negeri Tirai Bambu ini sebagai negara ke-4 terbesar di dunia.

Tak hanya itu saja, China bahkan dideklarasikan sebagai ‘King of Counterfeiters’ atau ‘Rajanya Peniru’. Dari seluruh barang dan merek yang dipalsukan dunia sepanjang tahun 2008-2010, China memproduksi 70% tiruan tersebut. Tak tanggung-tanggung, merek papan atas dunia seperti Apple dan Nike telah dengan suksesnya dijiplak mentah-mentah oleh China.

Yang menarik, ternyata tak hanya barang dan makanan saja yang berhasil ditirunya. Mengutip laporan Brilio.net, Selasa (19/06/2018), China bahkan membangun replika kota-kota di Eropa seperti Inggris dan Prancis. Bukan cuma tata kotanya saja yang ditiru, tapi juga landmark khas negara tersebut. Menara Eiffel Paris, Prancis contohnya.

Protes keras yang pernah ditujukan ke China pun seakan tak mereka gubris. Penasaran seperti apa kemiripan replika kota-kota dan landmark khas Eropa yang berhasil ditiru China? Berikut rangkumannya seperti dilansir dari Thisisinsider—kota-kota di China yang dibangun dari ‘menjiplak’ kota yang ada di negara lain.

  1. Desa Florentia miniatur Venesia, Italia

Daerah ini merupakan pusat perbelanjaan yang terdiri dari 200-an toko. ‘Desa replika’ ini dibangun oleh pengembang dari Italia pada tahun 2011. Desa yang berada di dekat pelabuhan kota Tianjin, China ini bahkan mempunyai kanal layaknya Venesia.

Baca juga: Mewah! Restoran di Amerika Sajikan Chicken Wing Saus Emas 24 Karat, Mau Coba?

  1. Replika Desa Halstatt, Austria di kota Huizhou, Provinsi Guangdong

Desa Halstatt, Austria tak cuma dikenal indah namun juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Terispirasi dari keindahannya, China membuat replikanya. Tepatnya di kota Huizhou, Provinsi Guangdong. Mereka menghabiskan $940 juta atau saat ini lebih kurang setara dengan Rp 13 triliun untuk membangun desa replika tersebut.

  1. Tianducheng, kota di China yang dibuat persis layaknya Paris

Tianducheng merupakan pemukiman yang dibangun di Hangzhou, Provinsi Zhejiang dengan meniru arsitektur maupun tata letak Paris. Di dalamnya terdapat replika Menara Eiffel setinggi 108 meter dan kompleks bangunan di atas lahan seluas 31 kilometer persegi. Gedung, taman, posisi jalan, dan patung-patung yang ada di sana dibuat sangat mirip dengan Paris.

  1. Di Shanghai terdapat kincir angin yang identik dengan Belanda

Kota ini memiliki salinan bangunan yang ada di Belanda, seperti Museum Maritim Belanda dan department store Bijenkorf di Amsterdam.

  1. Anting German Town di China

Alih-alih membangun kastil megah ala Jerman, seorang arsitek yang disewa oleh China membangun Anting German Town, sebuah kota modern dengan bentuk bangunan yang praktis. Kota ini dimaksudkan untuk menampung hampir 50 ribu orang. Namun, sebagian besar justru kosong. Kabarnya bahkan hanya satu dari lima apartemen yang ditempati.