Tips Jitu Anti Gagal Langsingkan Badan yang Melebar Setelah Lebaran, Nomor 5 Paling Ampuh


SURATKABAR.ID – Opor ayam, rendang, sayur labu, bebek sambal hijau, dan menu bersantan khas Lebaran ini hanya sedikit dari penyebab badan Anda melebar. Apalagi jika semua makanan berlemak itu dipadukan dengan aneka kue manis yang tidak cukup memuaskan hanya makan satu dua buah saja.

Usai Lebaran adalah waktu terbaik untuk kembali menurunkan berat badan yang drastis meningkat lantaran semua makanan penggugah selera yang mustahil ditolak. Karena bagi orang-orang yang terlampau gemuk, selain tidak sedap dipandang juga berisiko tinggi terserang penyakit.

Daripada menyesal di kemudian hari, sebaiknya Anda mulai fokus untuk melangsingkan tubuh yang melebar setelah gila-gilaan menikmati Lebaran bersama sanak keluarga di kampung halaman. Tak perlu susah-susah menjadi anggota gym atau kelas olahraga, ada trik mudah yang tak bikin kantong bolong.

Seperti yang dilansir Detik.com dari laman Livestrong pada Minggu (17/6/2018), ada 5 langkah mudah yang dijamin anti gagal untuk menurunkan berat badan. Apa saja?

Rutin Sarapan

Hasil survei dari University of Colorado pada tahun 2001 silam menunjukkan bahwa diet baru akan sukses jika pelaku diet tidak melewatkan makan pagi. Dengan terlebih dahulu sarapan, Anda tidak hanya mendapat energy untuk aktivitas harian, namun juga mencegah makan berlebih di siang hari.

Baca Juga: Duh Baper! Meme Lebaran Ini Dijamin Bakal Nyentil Kami yang Jomblo, Bikin Galau Nggak Abis-Abis

Porsi Makan

Jumlah porsi yang Anda konsumsi bisa sangat mempengaruhi berat badan. Setelah beberapa hari pada momen Lebaran ini kita menghajar hingga tandas semua menu yang tersaji di atas meja, tentu sulit untuk mengembalikan porsi makan ke takaran ideal.

Tipsnya adalah dengan tetap makan seperti porsi biasanya, namun ganti setengah dengan makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah segar. Perpaduan nasi dengan makanan yang kaya serat akan membantu Anda mengembalikan berat badan seperti semula.

Tingkatkan Aktivitas

Berolahraga tidak perlu dilakukan di luar rumah. Bahkan tanpa alat-alat olahraga seperti yang ada di iklan televisi, kita tetap bisa membakar lemak di tubuh. Misalnya dengan membersihkan rumah, berkebun, atau aktivitas rumah tangga lainnya.

Selalu Hitung Kalori

Berdasarkan penelitian dari Kaiser Permanent Center for Health Research, dengan menghitung jumlah kalori yang terkandung dalam makanan bisa membantu para pelaku diet untuk lebih memahami seberapa banyak tubuh mereka membutuhkan asupan kalori.

Jaga Pikiran Positif

Pikiran manusia memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Jika Anda menganggap ‘diet adalah sesuatu yang menyakitkan’, maka jangan heran jika program diet Anda tak pernah berhasil. Untuk bisa sukses diet, disarankan mengubah pikiran negatif dengan pikiran positif.

Jadi selagi masih ada sisa hari libur Lebaran sebelum Anda kembali disibukkan dengan beragam aktivitas di kantor atau kampus, kenapa tidak digunakan untuk kembali menyempurnakan kecantikan Anda?