Makanan Bersantan Bikin Perut ‘Berontak’? Atasi dengan Obat Murah Menyegarkan Ini


SURATKABAR.ID – Opor ayam, rendang, dan makanan berkuah santan lainnya memang menjadi menu favorit yang tidak boleh ketinggalan setiap Hari Raya Idul Fitri. Kenikmatan hidangan-hidangan tersebut bisa bertambah jika dimakan bersama keluarga dan sahabat.

Meski nikmatnya tiada tara, namun Anda wajib berhati-hati. Pasalnya makanan-makanan bersantan sangat berisiko meningkatkan gangguan kesehatan pada perut maupun sistem pencernaan kita. Misalnya sakit perut, konstipasi, hingga diare.

Namun jangan khawatir, karena seperti dilansir dari laman Detik.com, sebuah penelitian membuktikan bahwa semua permasalahan yang diakibatkan oleh terlalu banyak makan makanan bersantan bisa dengan sangat mudah diatasi. Hanya dengan satu jenis buah saja.

Adalah buah mangga. Menurut informasi yang dikutip Detik.com dari DailyMail, buah yang satu ini dikenal memiliki kandungan serat tinggi. Ditambah dengan kandungan nutrisi penting, yakni polifenol, mangga dapat meringankan konstipasi dan mengobati radang usus.

Baca Juga: Lebaran Bikin Berat Badan Bertambah? Ini Cara Mencegahnya

Penelitian tersebut melibatkan 36 pria dan wanita dengan gangguan konstipasi kronis. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. 300 miligram manga diberikan pada satu kelompok, dan kelompok lainnya hanya mendapat suplemen mengandung serat setara satu buah mangga.

Berlangsung selama satu bulan, dalam penelitian yang menyebutkan satu dari lima orang dewasa mengalami gangguan pencernaan jangka panjang tersebut menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Kedua kelompok dengan konstipasi mengaku keluhannya berkurang.

Hasilnya kelompok yang mendapatkan asupan buah mangga sebanyak 300 miligram setiap harinya mengalami perubahan lebih banyak dibandingkan dengan kelompok lainnya yang hanya mengonsumsi suplemen mengandung serat.

“Temuan kami menunjukkan bahwa mangga menawarkan keunggulan dibandingkan suplemen serat,” ujar Profesor Susanne Mertens-Talcott dari Texas A & M University, menjelaskan kekayaan manfaat dari buah mangga, dikutip dari Detik.com, Sabtu (16/6/2018).

Jadi, kini tidak ada alasan untuk menolak seporsi ketupat dengan opor ayam yang sangat menggugah selera saat bertamu, kan, karena Anda sudah mengetahui kunci untuk mengatasi gangguan perut dan pencernaan karena makanan bersantan.