Mengintip Megahnya Masjid Modern di Dubai, Akan Dibuka Mulai 2019


SURATKABAR.ID – Sebuah pusat perbelanjaan terkenal di Dubai, Gate Avenue, sedang bersiap-siap untuk membuka masjid yang paling dinanti-nantikan. Shopping center di Dubai International Financial Center (DIFC) tersebut akan membuka masjid yang kelak dikenal sebagai DIFC Grand Masjid. Berdasarkan jadwal yang telah ditentukan, masjid ini akan dibuka pada 2019.

Dibuat dengan kapasitas yang mampu menampung hingga 500 orang jamaah, DIFC Grand Masjid ini melayani shalat lima waktu setiap harinya, shalat Jumat, serta bentuk ibadah lainnya. Masjid ini juga nantinya dapat diakses 24 jam melalui lift dan escalator, demikian mengutip laporan Republika.co.id, Sabtu (16/06/2018).

Arif Amiri selaku Chief Executive Officer dari DIFC Authority menyebutkan, masterplan DIFC hingga saat ini masih terus memperkenalkan state-of-the-art.

“Arsitektur urban yang dirancang untuk memperkaya pengalaman komunitas profesional, penduduk, dan pengunjung kami yang berkembang. DIFC Grand Masjid atau Masjid Agung DIFC, bersama dengan penawaran kelas dunia Gate Avenue, menandai tambahan penting untuk ekosistem yang saling berhubungan yang kita miliki di DIFC, dan membawa dimensi baru ke infrastruktur menarik yang kita miliki,” ungkapnya memberi penjelasan.

Masjid ini juga diatur untuk menciptakan sebuah bahasa baru tipologi di Uni Emirat Arab. Masjid kelas dunia yang menawarkan fasilitas modern, non-konformis dengan tradisi sebagai referensi ini mempunyai bentuk bangunan berupa kubus sederhana dalam sebuah kubus lainnya yang lebih besar.

Baca juga: Pria Ini Nekat Curi Zakat Fitrah Senilai Rp 64 Juta dari Masjid

Desain ini disebut-sebut mencerminkan gerbang gedung DIFC yang ikonik. Sementara itu, eksteriornya dibuat bergaya minimalis. Namun lain halnya dengan bagian interior masjid. Interiornya cenderung lebih rumit karena memperkenalkan lampu utama yang luas, yang terinspirasi oleh Muqarnas tradisional.

Bentuk kubus bagian luar masjid juga menggunakan layar mashrabiya yang menggantung. Layar ini bertindak sebagai tudung untuk memberikan keteduhan dan privasi ke daerah-daerah tertentu. Layar itu juga bisa diangkat guna memungkinkan detail interior yang rumit agar dapat dilihat-ilhat oleh para pengunjung di area tersebut. Seperti diketahui, pusat perbelanjaan yang satu ini memang kerap dikunjungi oleh para turis internasional dari berbagai belahan dunia.

Simak video ulasannya berikut sebagaimana dikutip dari situs resmi mereka di www.difc.ae.