Nggak Kalah dari Opor Ayam, Ini 5 Hidangan Khas Lebaran di Indonesia


SURATKABAR.ID – Opor ayam dan ketupat sayur menjadi salah satu hidangan favorit saat Lebaran tiba.

Setelah salat Idul Fitri dan saling bermaafan, biasanya akan dilanjutkan dengan makan bersama. Saat itulah opor ayam dan ketupat sayur disajikan sebagai hidangan utama.

Tapi, masyarakat Indonesia nggak cuma mengenal opor ayam sebagai hidangan nikmat saat Lebaran tiba. Ada beragam sajian lain yang tak kalah nikmatnya.

Dilansir kompas.com, setidaknya Indonesia punya 5 hidangan dari sejumlah daerah ini untuk menyambut datangnya hari kemenangan. Apa saja?

1. Semur Betawi

Selain ayam, daging sapi merupakan salah satu bahan utama masakan yang disajikan saat lebaran. Nah, Semur Betawi ini terbuat dari daging sapi seperti semur pada umumnya. Bedanya, Semur Betawi disajikan bersama bencok alias kentang kering goreng dengan ebi halus.

Baca juga: Lebaran Bikin Berat Badan Bertambah? Ini Cara Mencegahnya

2. Ayam Gagape

Makassar punya Ayam Gagape sebagai sajian khas Lebaran. Masakan yang satu ini dibuat dari ayam kampung yang diolah hingga dagingnya lembut.

Tak hanya disantap bersama ketupat, Ayam Gagape juga bisa disantap bersama nasi putih hangat. Cita rasa khas Indonesia dari masakan ini terasa dari banyaknya rempah khas Sulawesi yang digunakan.

3. Kuah Labu

Kuah Labu merupakan salah satu hidangan khas Lebaran yang cukup populer di Aceh. Masakan ini terdiri dari labu air yang diolah bersama sejumlah bumbu khas Indonesia.

Kadang, dging sapi, iga atau ikan akan ditambahkan untuk menambah kenikmatan Kuah Labu.

4. Bebek Gulai Kurma

Namanya memang Bebek Gulai Kurma, tapi tak ada kurma sebagai bumbu dalam pembuatannya.

Sekilas, tampilan masakan ini seperti daging bebek yang disiram kuah rendang. Selain itu juga ditambahkan sejumlah daun beraroma seperti pandan dan serai.

5. Kella Pete

Pernah Lebaran di Madura? Biasanya, penduduk setempat akan menyajikan Kella Pete saat Lebaran tiba. Masakan yang satu ini terbuat dari olahan daging tengiri goreng yang dikombinasikan dengan kuah santan dan belimbing wuluh.

Masakan khas Indonesia memang nikmat-nikmat ya?