Tangkap Balon Hingga Gulat, Ini 7 Tradisi Lebaran Unik di Dunia


    SURATKABAR.ID – Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran dianggap sebagai hari kemenangan bagi masyarakat Muslim yang telah menjalani ibadah puasa Ramadan sebulan lamanya.

    Di Indonesia, saat Lebaran orang-orang biasanya akan menghabiskan waktu bersama keluarga, mulai dari bermaaf-maafan hingga makan bersama.

    Oleh karena itu, mudik alias pulang kampung menjadi salah satu ciri khas Lebaran di Indonesia. Libur Lebaran juga selalu dinanti oleh umat Muslim untuk segera bertemu keluarga.

    Lantas, bagaimana dengan Lebaran di negara lain? Meski maknanya sama, ternyata ada banyak cara unik untuk merayakan Lebaran. Dilansir tribunnews.com, Kamis (14/6/2018) kemarin, berikut 7 tradisi Lebaran unik di dunia.

    1. Tangkap balon

    Tangkap balon terdengar menyenangkan bukan? Ternyata, kegiatan yang satu ini selalu jadi ciri khas di Masjid El-Seddik yang berlokasi di Kairo, Mesir. Setelah salat Idul Fitri, orang-orang akan menunggu untuk menangkap balon.

    Baca juga: Jelang Idul Fitri, Politisi Ini Gelar Lomba Karikatur Nabi Muhammad

    2. Hias tangan

    Menghias tangan menggunakan pacar tradisional atau hena merupakan ciri khas lebaran di Lahore, Pakistan. Biasanya, wanita Muslim akan menghias tangannya di penghujung Ramadan.

    3. Permainan telur rebus

    Telur rebus biasanya memang disajikan sebagai hidangan. Namun, saat lebaran di Kolkata, India, akan terlihat sejumlah pria yang asyik bermain permainan tradisional yang memanfaatkan telur rebus.

    4. Seker Bayram

    Seker Bayram atau festival Sweets merupakan ciri khas Lebaran di Turki. Setelah doa bersama dan bertemu keluarga, anak-anak kecil akan mendapatkan beragam manisan lokal seperti Baklava.

    5. Berkunjung ke makam

    Tradisi yang satu ini bukan hanya dilakukan di Indonesia. Warga Muslim Singapura pun melakukan hal serupa. Mungkin, karena memang Indonesia dan Singapura masih serumpun.

    6. Menunggang unta

    Di Kota Abu Ajaj, Arab Saudi, para pemuda akan melakukan acara tahunan berupa perlombaan menunggang unta.

    7. Gulat

    Masyarakat Hami, Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, Cina, memiliki cara unik untuk merayakan Lebaran. Bagaimana tidak, mereka akan mengadakan kontes gulat setelah salat Idul Fitri.

    Diantara ketujuh tradisi ini, mana ya yang paling unik?