Dari Angpao Hingga Sambal Goreng Ati, Menkeu Sri Mulyani Ceritakan Tradisi Lebaran Keluarganya


SURATKABAR.ID – Ada cerita menarik mengenai tradisi Lebaran yang menjadi kebiasaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Ia menceritakan bagaimana kebiasaan dirinya beserta keluarga besarnya di Jawa Tengah saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Ketika masih merayakan Lebaran di Gombong, Kebumen, acara kumpul keluarga selalu diawali dengan tradisi sungkeman ke eyang yang dilakukan berurutan, mulai dari yang paling tua hingga yang muda.

“Kalau dulu di rumah orangtua, Bapak Ibu saya di Gombong, masih sungkeman karena anaknya ada 16, jadi semuanya urutan, anak cucu cicit, jadi panjang banget,” ujar Sri Mulyani saat berbincang dengan wartawan, beberapa waktu lalu. Demikian seperti dilansir dari laporan Kompas.com, Jumat (15/06/2018).

Setelah melakukan sungkeman, hal lain yang selalu ada saat Lebaran di keluarga Sri Mulyani adalah makanan enak. Dia masih ingat, salah satu makanan favoritnya adalah sambal goreng ati yang dimasak oleh mbah atau eyangnya sendiri.

Selain sambal goreng ati, juga ada makanan lain seperti jadah atau ketan uli, lemper, hingga ayam opor. Meski sudah ada makanan, kadang Sri Mulyani bersama keluarganya masih suka memanggil tukang soto yang lewat di depan rumahnya.

“Kedua makan enak. Menu wajib kalau datang ke Gombong dulu itu jadah bahasa betawimya uli. Kemudian lemper, kemudian kita makan opor sambel goreng atinya. Duh eyang saya itu enak banget masaknya. Terus habis itu, kalau kita kadang-kadang kita panggil tukang soto saja untuk makan ramai-ramai,” tuturnya, dikutip dari laporan Liputan6.com.

Baca juga: Cara Beda Masak Opor Ayam dari Resep Tahun 1972, Mau Coba?

Bercengkerama dengan keluarga dan mengetahui kabar terbaru kerabat juga merupakan salah satu hal wajib bagi yang menjadi tradisi keluarga besarnya.

“Sesudah Eyang meninggal, kami di Semarang, Bapak Ibu juga sama, pasti ada kumpul keluarga. Ada istilahnya update, setiap keluarga memberikan laporan, tahun ini siapa masuk sekolah mana, ada pacar atau enggak, ada yang mau menikah, siapa yang lulus,” ungkap Sri Mulyani.

Ada Angpao

Kebiasaan ini sudah berlangsung sejak dulu di lingkungan keluarga besar Sri Mulyani hingga saat ini. Setelah berbagi cerita, masing-masing perwakilan keluarga juga memberikan angpao untuk anak-anak yang masih sekolah atau kuliah.

Cara membagi angpaonya tak dilakukan satu per satu, melainkan semua uang untuk angpao dikumpulkan, kemudian dibagi rata sesuai dengan tingkatan masing-masing anak. Anggota keluarga yang sudah bekerja pun bisa ikut berkontribusi memberikan bagian seikhlasnya untuk angpao, yang penting rela. Demikian dikutip dari laporan Tempo.co.

“Kemudian ada game keluarga, dibagi topiknya, yang lucu-lucu gitu lah,” ujar Sri Mulyani. Dia tak menjelaskan akan merayakan Lebaran di mana tahun ini. Sri Mulyani hanya mengungkapkan akan pergi ke Amerika Serikat untuk menemui anaknya yang masih menempuh pendidikan di sana, sembari membawakan oleh-oleh dari Indonesia.

“(Baju) Koko Wakanda, saya harus bawa untuk anak saya yang masih sekolah di Amerika, karena di sana enggak ada, jadi keren kelihatannya,” tukas Sri Mulyani.