Berat Badan Naik Setelah Lebaran? Cegah Saja Dengan Cara Ini


SURATKABAR.IDSetelah menahan lapar, haus dan hawa nafsu sebulan lamanya, umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 15 Juni 2018 besok. Namun, jangan jadikan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran ini sebagai ajang balas dendam ya, jangan karena sudah terbebas untuk tidak puasa, menjadikan kita kalap saat menyantap makanan.

Kalap makan ketika lebaran pasti akan menjadikan berat badan kita naik, tentunya bukan hal yang diinginkan, terutama bagi para perempuan. Berikut cara untuk mencegah berat badan kita naik setelah lebaran, dilansir dari laman lifestyle.kompas.com.

1. Berhenti Makan Sebelum Kenyang
Seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW agar kita berhenti makan sebelum kenyang. Karena ketika perut kita penuh atau kenyang yang terjadi adalah kita menjadi malas bergerak. Ketika malas bergerak, maka tubuh kita akan menimbun banyak kalori dan menyebabkan kita menjadi gemuk.
2. Jaga Porsi Makan
Ingat sekali lagi, lebaran bukan ajang balas dendam dari puasa. Ketika Lebaran, sebaiknya tetap perhatikan porsi makan, dan jangan berlebihan. Agar tidak makan secara berlebihan, kamu dapat mengatasinya dengan membatasi porsi makan menggunakan piring yang kecil.
3. Perhatikan Jenis Makanan
Jenis makanan juga harus diperhatikan agar berat badan kita tidak naik. Karena ketika lebaran, kebanyakan orang akan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dibanding yang berserat. Ketika tubuh kita kekurangan serat, maka pencernaan akan terganggu. Maka dari itu, pilihlah menu makanan yang seimbang.
4. Tidur Atau Istirahat Yang Cukup
Tidur yang cukup akan membuat badan kita sehta, sebaliknya kurang tidur akan menyebabkan berat badan kita naik. Hal tersebut dikarenakan orang yang tidak tidur cukup cenderung lapar, sehingga mengonsumsi lebih banyak kalori dan kurang melakukan aktivitas.
5. Kendalikan Kadar Stres
Kita harus menghindari dan mengendalikan diri kita agar tidak stres, karena orang yang stres memiliki kadar kortisol (hormon yang dilepaskan sebagai respon terhadap stres) tinggi. Kadar kortisol berkaitan dengan asupan makanan yang lebih besar. Sehingga menyebabkan berat badan kita naik.
6. Bergerak
Kurang bergerak dapat menyebabkan berat badan kita naik, hal ini karena kita tidak beraktivitas dan menimbun tenaga yang seharusnya di keluarkan oleh tubuh. Coba dengan lebih aktif bergerak ketika lebaran, seperti bersilaturrahmi ke rumah tetangga, mencuci piring kotor, dan sebagainya agar berat badan kita tidak naik.