Uang THR Lebaran Berbahaya Bagi Kesehatan, Kok Bisa?


SURATKABAR.IDSelain identik dengan ketupat, lebaran juga identik dengan bagi-bagi  THR atau uang. Biasanya anggota keluarga yang lebih tua akan memberikan THR bagi anggota keluarga yang lebih muda, ataupun sebaliknya. Biasanya penerima mutlak dari THR ini adalah anggota keluarga atau saudara yang masih kecil.

Namun terdapat bahaya yang mengancam kesehatan dari tradisi bagi-bagi THR ini, khususnya bagi penerima yang masih anak-anak. Bahaya tersebut muncul karena pada uang THR yang dibagi-bagikan terdapat bakteri.

Pada uang kertas tersebut terdapat bakteri yang berbahaya bagi kesehatan, terlebih kepada anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh yang masih sangat lemah. Bakteri tersebut dapat menyebabkan masalah diare dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) pada anak-anak.

Baca Juga: Enggan Dukung Yahya Staquf, MUI: Tidak Memahami Penderitaan Rakyat Palestina

Seperti yang dijelaskan oleh  Dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Ia menjelaskan bahwa bakteri tersebut dapat masuk ke tubuh anak melalui tangan. Maka dari itu, suruhlah anak mencuci tangan setelah setelah memegang uang THR, agar dapat meminimalisir bahaya tersebut.

“Saya sarankan pada semua orangtua, jika si anak menerima THR lebaran, ada baiknya dia langsung diminta untuk cuci tangan. Hal ini diharapkan bisa meminimalisir paparan bakteri yang ada di uang kertas,” kata Dr. Ari, dilansir dari laman lifestyle.okezone.com.

Uang THR lebaran biasanya adalah uang baru, pada uang baru terdapat aroma khas yang sangat tajam dan tak jarang bau khas uang baru tersebut akan menempel di tangan anak. Jika tidak cepat dibersihkan, dikhawatirkan akan menjadi perantara dari paparan bakteri.

Apabila di sekeliling si anak tidak tersedia wastafel setelah anak memegang uang, dr Ari menyarankan penggunaan pembersih tangan atau tisu basah untuk mencuci tangan anak.

“Intinya, si anak dilarang pegang makanan dengan tangannya langsung sebelum dia cuci tangan,” seru dr. Ari.

Dengan mencuci tangan setelah memegang uang THR lebaran, diharapkan dapat menghalau bakteri yang bisa saja ada di uang THR tersebut. Kesadaran kita akan kesehatan juga penting, harus diketahui bahwa virus penyakit dapat masuk dan menyerang tubuh manusia apabila kekebalan tubuh lemah, sehingga menyebabkan tubuh sakit.

“Cuci tangan jadi langkah mudah untuk mencegah risiko masalah diare dan ISPA seperti ini. Saya sarankan untuk tetap menjaga kebersihan tubuh si anak. Ada untungnya juga memberi THR lebaran dengan amplop lucu. Setidaknya si kecil tidak pegang uangnya langsung,” imbuh dr. Ari.