Mau Kenalkan Pacar Ke Keluarga Saat Lebaran? Ikuti Saran Berikut Ini


SURATKABAR.IDLebaran menjadi momen yang tepat untuk mengenalkan pacar ke keluarga. Ketika lebaran, bersilaturahmi dengan keluarga pacar dapat menjadi hal yang positif, terlebih apabila kita telah serius menjalani hubungan dengan pacar. Akan tetapi, pastikan segalanya telah dipersiapkan anda dan pasangan, khususnya mental sebelum bertamu ke rumah pacar.

Terlebih untuk pasangan, ada baiknya pasangan harus mempersiapkan mental untuk pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh orang tua anda, khususnya pertanyaan yang menyangkut hal pribadi, misalnya saja terkait masalah pekerjaan dan gaji.

“Tentunya memiliki pekerjaan jadi hal yang penting karena biasanya itu pertanyaan standar yang diajukan kepada pasangan,” ujar psikolog klinis dewasa, Sri Juwita Kusumawardhani, dilansir dari laman cantik.tempo.co.

Mengenalkan pacar ke keluarga adalah jawaban yang tepat untuk pertanyaan “kapan menikah” yang dilontarkan keluarga ketika lebaran. Karakter keluarga yang berbeda satu sama lain, menjadikan hal yang harus Anda pelajari bersama dengan pacar.

Baca Juga: Pernikahan Disebut Hanya Bisnis, Benarkah David dan Victoria Beckham Akan Bercerai?

“Misalnya, keluarga pasangan terbiasa mencium tangan orang tua. Meski Anda tidak terbiasa melakukan hal tersebut, sebaiknya Anda menghormati nilai itu,” terang Sri.

Demi kesan yang baik kepada keluarga, baiknya Anda maupun pasangan harus menjadwalkan hal ini, persiapkan waktu khusus untuk bersilaturahmi kepada keluarga pasangan. Apabila anda terburu-buru pulang karena dikejar janji atau kegiatan lain, maka akan terkesan kurang sopan.

Jangan lupa untuk memperhatikan hla yang paling penting, yakni penampilan. Berpenampilan sopan dan baik sangatlah dianjurkan demi kesan yang baik pula. Cobalah untuk banyak tersenyum dan berbaur dengan semua anggota keluarga, agar cepat mengenal keluarga pasangan dan tentunya terkesan ramah.

Sri menyarankan untuk melakukan relaksasi sebelum masuk ke rumah pasangan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari rasa canggung yang pasti muncul. Aturlah pernapasan dan sugesti diri dengan hal positif agar siap dan tenang serta relaks.

Kuci keberhasilan dari hal ini adalah dengan menjadi diri sendiri, hindari bersikap sok tahu. Dan apabila rasa cemas kembali muncul, tenangkan diri dengan sugesti positif. Atau mungkin, minta izinlah ke toilet.

“Tidak terlihat sok tahu saat keluarga pasangan membahas hal-hal yang memang tidak kita ketahui. Canggung adalah hal yang biasa terjadi, jangan berusaha terlalu keras sehingga menunjukkan reaksi berlebihan,” ujarnya.

Apabila perkenalan pasangan ini merupakan hal resmi, misalnya calon pendamping hidup, sebaiknya pastikan anggota keluarga penting turut hadir selain orang tua.

“Ini dikembalikan kepada niat atau tujuan dari kedatangan pasangan. Jika sekadar berkunjung, tidak mesti semua anggota keluarga hadir,” tambah Sri.