Minum Susu Bisa Buat Tubuh Tambah Tinggi, Mitos Atau Fakta?  


 

SURATKABAR.ID – Sebagai cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia, susu secara alami mengandung nutrisi penting. Ada bermacam-macam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor dan zinc yang terkandung di dalamnya. Pendapat lain juga menyebutkan bahwa susu mengandung mineral dan lemak.

Jika ditinjau dari manfaatnya, susu berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Itulah sebabnya ahli kesehatan menyarankan untuk membiasakan minum susu sejak kecil. Susu juga bermanfaat untuk menguatkan gigi karena kandungannya yang kaya akan kalsium dan fosfor. Sehingga nutrisi susu sangat penting bagi perkembangan kesehatan gigi anak. Selain itu, susu juga dipercaya berkhasiat untuk memelihara kesehatan jantung, mendukung berat badan yang sehat dan meringankan depresi.

Seperti dilansir dari laporan Grid.ID, Minggu (10/06/2018), segelas susu mengandung berbagai nutrisi dan mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan tubuh. Namun yang kerap menjadi pertanyaan adalah, benarkah mengonsumsi susu bisa membuat badan kita bertambah tinggi?

Pada dasarnya, pertumbuhan dan tinggi seseorang tidak bergantung pada nutrisi saja. Ada beberapa faktor lainnya yang juga turut berperan dalam proses tersebut. Tapi menurut ahli kesehatan, 20 hingga 40 persen pertumbuhan anak bergantung pada faktor non genetik.

Segelas susu mengandung kalsium, protein, potassium, vitamin, yodium dan fosfor. Kandungan mineral dan vitamin ini sangat membantu dalam membangun masa tubuh dan pertumbuhan.

Baca juga: Hati-hati, Ternyata Kertas Cokelat Pembungkus Nasi Berbahaya Bagi Kesehatan

Satu hal yang perlu diketahui, minum susu tidak dapat mengubah gen dan hormon seperti hormon pertumbuhan pada seseorang. Nutrisi dalam tubuh bertugas untuk mencegah tubuh kehilangan nutrsis tertentu. Susu menjadi salah satu minuman penting karena kandungannya yang kaya akan nutrisi penting untuk membangun tulang dan otot yang kuat.

Selain itu, yang perlu diingat adalah fakta bahwa seiring dengan bertambahnya usia maka proses pertumbuhan kita pun akan terhenti. Untuk itu, saat seseorang sudah berhenti proses pertumbuhannya, maka susu atau produk lainnya tidak dapat mempengaruhi tinggi badannya.

Meski begitu, sangat disarankan agar kita beristirahat yang cukup. Pasalnya, hormon pertumbuhan (HGH) diproduksi ketika tubuh sedang beristirahat atau tidur. Oleh karena itu jangan melewatkan waktu tidur Anda. Waktu tidur minimal 8 jam sehari. Tidak hanya agar produksi hormon pertumbuhan tidak terhambat, namun dengan tidur yang teratur, membantu proses regenerasi sel dan jaringan tubuh. Sehingga tak menutup kemungkinan bagi tulang tubuh bertambah tinggi dan senantiasa awet muda.