Paus Fransiskus Basuh dan Cium Kaki Imigran Muslim


paus cium

Menjadi bagian dari ritual pelayanan Kristus dalam Kamis Putih, Paus Fransiskus I memimpin ritual mencuci dan mencium kaki 12 imigran Muslim, Ortodoks, Hindu dan perwakilan dari umat Katolik.

Dilansir dari okezone.com, disebutkan jika Jumat (25/3/2016), ritual baru itu merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh pemimpin tertinggi umat Katolik tersebut. Paus berharap prosesi pra-Paskah ini dapat menjadi teladan bagi dunia untuk mengasihi sesama, terlepas dari apapun suku dan agama mereka.

Apa yang telah dilakukan oleh Paus tersebut menjadi bagian dari simbolisasi atas toleransi Vatikan terhadap fenomena yang belakangan berkembang, yaitu Islamphobia. Ini juga menjadi bagian dari upaya “melawan” gerakan anti-pengungsi akibat serangan teroris ISIS di Paris dan yang terbaru di Brussels.

Paus Fransiskus merayakan Kamis Putih sebagai bagian dari prosesi menuju hari Paskah, dengan para pencari suaka di Castelnuovo di Porto, Italia.

Menurut dia, perang hanyalah untuk orang-orang haus darah yang berdiri dibalik industri senjata.

Menurut Paus Fransiskus, gerakan melayani ini kontras dengan gerakan serangan bom di Brussel yang ingin menghancurkan persaudaraan antarmanusia.

“Kita semua memiliki perbedaan kultur dan agama, tapi kita semua bersaudara dan ingin hidup dalam kedamaian,” kata Paus Fransiskus dalam homili-nya, dilansir dari kompas.com.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>


1
2
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPolitisi Gerindra Ini Akan Terjun dari Monas Jika Ahok ….
Berita berikutnyaPara Peneliti Telah Mengungkap Fenomena di Segitiga Bermuda. Baca Selanjutnya!