Sebelum Mudik, Lakukan Tips Mengamankan Listrik di Rumah

SURATKABAR.IDSebagian masyarakat yang hidup di kota besar mudik atau kembali ke kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga.

Sebelum pulang ke kampung halaman, pemudik sebaiknya memeriksa kembali kondisi listrik yang ada di rumah. Hal ini tentu bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Direktur Human Capital Managament PLN Muhammad Ali mengatakan, untuk mengamankan listrik ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pertama, untuk yang menggunakan listrik prabayar, pemudik lebih baik mengisi dahulu daya sebelum meninggalkan rumah. Sehingga, listrik di rumah tidak padam saat ditinggalkan.

“Ketika mereka meninggalkan rumah, cek dulu listriknya, kalau dia prabayar tambahin dulu dayanya, pulsanya, sehingga ketika pulang pulsanya tidak habis,” kata Ali di Kantor Pusat PLN Jakarta, dilansir Detikcom, Jumat (8/6/2018).

Baca juga: Sulap Ruang Tamu Jadi Mengagumkan Saat Lebaran Dengan Lakukan Ini..

Kemudian, sebelum mudik pastikan juga tidak ada peralatan yang terhubung dengan kontak listrik. Hal ini untuk menghindari terjadinya korsleting.

“Kedua, cabut colokan listrik yang tidak perlu,” ujar dia.

Selanjutnya, pemudik mesti menitipkan rumah pada tetangga terdekat yang tidak mudik. Sehingga, rumah yang ditinggalkan bisa diawasi.

“Kemudian titipkan rumah kepada tetangga yang tidak mudik, sehingga bisa saling mengontrol,” tutupnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) selalu siaga dengan potensi bencana yang muncul. Khusus kebakaran memang menjadi atensi saat Ramadan.

Sebab, saat Ramadan frekuensi penggunaan api dan listrik cenderung meningkat.

“Selama Ramadan ini sudah beberapa kali kebakaran. Ya, kami mengimbau dan mengingatkan masyarakat, sebelum keluar rumah, pastikan lagi apakah semua kompor sudah mati. Lalu perangkat elektronik yang tak dipakai lebih baik dicabut saja. Dimatikan saja. Apalagi kalau rumah mau ditinggal mudik,” kata Kepala BPBD Balikpapan Suseno, dikutip dari Kaltim.co, Selasa (5/6/2018).