Tilep Insentif 3.000 Driver, Oknum Call Center Grab Raup Rp 1 Miliar


SURATKABAR.ID – Oknum Call Center Grab dipastikan meraup uang hingga Rp 1 miliar dengan cara memodifikasi akun mitra Grabcar.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary menuturkan, komplotan ini telah melancarkan aksinya sejak akhir 2017 silam dan baru dilaporkan pada bulan Mei 2018.

“Mereka beroperasi dari akhir 2017 dan dilaporkan pada bulan Mei 2018. Menurut keterangan para tersangka dan barang bukti yang kami amankan, mereka sudah mengantongi uang sekitar Rp 1 miliar,” terang Ade di Mapolda Metro Jaya, Jumat (8/6/2018), dikutip dari kompas.com.

Ade melanjutkan, uang tersebut sebenarnya merupakan dana insentif yang diberikan untuk mitra GrabCar alias driver GrabCar. Namun, dana ini malah dialihkan ke rekening pelaku. Komplotan ini memodifikasi 3.000 akun pengemudi Grab untuk mendapatkan uang tersebut.

“Jadi mereka beraksi dengan tugas masing-masing. Ada yang menjadi otak kejahatan, pemilik user name call center yang dapat mendeteksi data driver hingga pemodifikasi akun mitra,” imbuh Ade.

Baca juga: Fakta Seputar Probowangi, Calon Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Hingga kini, polisi telah mengamakan 5 orang tersangka yang terdiri dari tiga petugas call center yang merupakan pegawai Grab, satu mantan admin call center, dan seorang modifikator akun mitra Grab.

“Tersangka pertama adalah orang yang pernah menjadi admin call center taksi online. Dia punya kewenangan untuk membuka akun-akun email dan data pribadi sopir-sopir taksi online yang sudah terdaftar,” terang Ade.

Dari akun ini, pelaku mengetahui nama, nomor ponsel, dan nomor rekening penerima insentif. “Jadi kalau sopir taksi habis narik, dia akan menerima insentif yang ditransfer ke nomor yang sudah diserahkan kepada perusahaan,” lannjut Ade.

Namun, setelah berhasil membuka akun mitra Grab, para pelaku akan merubah rekening terdaftar dengan rekening lain. Selanjutnya, uang-uang ini akan mengalir ke rekening yang mereka miliki.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaBerniat Kalahkan Jokowi, Amien Sebut Ada Munas Ulama Non-MUI Bulan Ini
Berita berikutnyaMantab! Amien Rais Sebut Dirinya Tak Terlalu Tua Jika Maju Capres