Fenomena Gerhana Bulan Penumbra Terjadi Malam Tadi. Inilah Sebab Terjadinya Gerhana Penumbra. Baca Ini!


    Gerhana-bulan

    Setelah fenomena alam gerhana matahari total (GMT), Indonesia kini akan mengalami peristiwa gerhana bulan penumbra pada malam tadi. Mengapa bisa terjadi gerhana bulan penumbra?

    Seperti dikutip dari situs Langit Selatan, Rabu (23/3/2016), fenomena alam gerhana bulan terjadi akibat keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Hal itu terjadi bila Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus yang sama.

    Jenis fenomena alam gerhana bulan dapat terbagi dalam tiga jenis yakni gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bukan penumbra. Sedangkan yang akan terjadi malam ini adalah gerhana bulan penumbra.

    Saat Matahari – Bumi – Bulan sejajar, Bumi menghalangi cahaya Matahari sampai ke bulan. Posisi sejajar ketiga benda ini menyebabkan terbentuknya dua kerucut bayangan Bumi.

    Bayangan pada kerucut terluar adalah area bayangan penumbra saat Bumi menghalangi sebagian cahaya Matahari untuk mencapai Bulan.

    Sisa permukaan Bulan lainnya akan tetap menerima cahaya Matahari secara langsung. Akibatnya Bulan akan tampak cemerlang seperti Bulan Purnama. Meskipun pada kenyataannya, cahaya yang dipantulkan Bulan akan mengalami peredupan.

    Lanjut ke halaman selanjutnya >>