Nama-nama Unik di Balik Kue Kering khas Lebaran, Ternyata Bukan dari Indonesia Lho


SURATKABAR.ID  Setiap Lebaran tiba, maka muncul pula beberapa kue musiman yang akan meramaikan hari kemenangan umat Islam. Ada beberapa nama kue khas Lebaran yang sering kita dengar, mulai dari putri salju sampai nastar.

Dilansir dari Okezone.com, Sabtu (2/6/2018). Meskipun familiar dengan kue tersebut, jarang loh ada yang tahu makna dibalik nama uniknya.

  1. Putri Salju

Kue putri salju berasal dari Austria dengan nama Vanillekipferl (kue berbentuk bulan sabit yang berselimutkan gula vanila), namun di Indonesia gula vanila diganti dengan tepung gula berwarna putih yang menyerupai salju.

Taburan tepung gula inilah yang dianggap menyerupai salju, sehingga kue ini dinamakan putri salju. Kata putri sendiri diambil untuk mempercantik dan dinilai lebih menjual.

Baca Juga: Apes! Ambil 2 Juta di Bank buat Kue Lebaran, Uang Kakek Ini Malah Berubah Jadi Kertas Koran. Ternyata …

  1. Lidah Kucing

Kue yang memiliki rasa gurih renyah ini memang bukan asli karya Indonesia, melainkan adopsi dari negeri Belanda. Di negara asalnya, cemilan ini disebut katte tong yang berarti lidah kucing.

Orang Indonesia pun menyebutnya sebagai lidah kucing karena bentuknya yang dianggap menyerupai lidah dari hewan kucing. Meskipun sedikit memaksakan, namun nama ini sudah populer dikalangan masyarakat Indonesia.

  1. Nastar

Kue lebaran ini terbilang yang paling banyak dinantikan orang-orang saat lebaran. Rasanya yang khas dengan teksyur buah nanas asli membuat lidah tidak ingin berhenti makan.

Nama nastar sendiri ternyata berasal dari bahasa Belanda; ananas dan taart. Ananas berarti nanas dan tart adalah kue tar. Jika digabungkan, akan menjadi ananastaart. Untuk memudahkan lidah Indonesia, maka disebutlah nastar.

  1. Kastengel

Kue kering khas lebaran ini pun ternyata asli Belanda. Memiliki nama asli kaasstengels, kaastengel di Indonesia pun rasanya sama seperti di Belanda. Bicara mengenai asal usul kata, ternyata kaastengel terbagi menjadi dua suku kata; kaas dan stengels. Kaas berarti keju dan stengels berarti batangan.