Ini Dia Kebiasaan Yang Dilakukan Orang Indonesia Menjelang Akhir Ramadan. Kamu Juga Kan?


    SURATKABAR.IDBulan ramadan merupakan bulan suci bagi umat islam. Pada bulan Ramadan, umat islam yang masuk dalam kategori wajib puasa, diwajibkan untuk mengerjakan ibadah puasa. Setelah bulan ramadan selesai, maka umat islam akan disambut dengan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

    Jika pada awal Ramadan, kebanyakan umat islam akan fokus pada beribadah dan melaksanakan kegiatan lainnya seperti ngabuburit dan buka bersama. Pada minggu terakhir di bulan Ramadan, biasanya umat islam di Indonesia akan sibuk dengan melakukan banyak kegiatan.

    Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang bertujuan untuk persiapan Hari Raya Idul Firti. Apa saja kegitannya? Berikut ini merupakan kebiasaan yang dilakukan muslim di Indonesia ketika menjelang akhir Bulan Ramadan, yang telah dihimpun dari laman idntimes.com. Mari kita simak selengkapnya!

    1. Sibuk Dengan Persiapan Mudik

    Mudik memang menjadi kegiatan yang turun temurun di Indonesia. Tradisi ini juga berlaku ketika akhir ramadan atau menjelang lebaran. Biasanya pemudik akan sibuk mencari tiket hingga packing barang bawaan dan mencari oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tapi jangan sampai lupa dengan ibadahnya ya.

    2. Bikin Kue Lebaran

    Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Selain lebih hemat, kita juga dapat berkreasi sendiri. Bahkan sampai ada yang menjadikan hal ini sebagai ladang bisnis. Maklumlah, lebaran identik dengan kue-kue khas lebaran yang wajib tersaji di meja tamu. Jangan mencicipi kue ketika puasa ya, auto batal.

    3. Hunting Baju Lebaran

    Kegiatan ini jelas merupakan tradisi bagi masyarakat muslim Indonesia. Diskon besar-besaran juga banyak diberikan oleh pusat-pusat berbelanjaan. Namun, seperti potongan lagu ini, “Baju Baru Alhamdulillah, tuk dipakai di Hari Raya. Tak Ada Pun Tak Apa-Apa, Masih Ada Baju Yang Lama”. Jadi, sesungguhnya tak beli baju baru saat lebaran, bukanlah masalah yang besar.

    Baca Juga: Apes! Ambil 2 Juta di Bank Buat Kue Lebaran, Uang Kakek Ini Malah Berubah Jadi Kertas Koran. Ternyata…

    4. Renovasi Rumah

    Mulai dari mengecat rumah, membeli taplak meja, membeli karpet baru, membeli gorden atau tirai baru, bahkan membeli mebel baru juga dilakukan ketika menjelang lebaran.

    5. Tukar Uang

    Pada saat lebaran, tak jarang juga banyak orang yang bagi-bagi angpau. Karena itu, setiap menjelang lebaran biasanya banyak para penukar uang receh di jalan raya.