Berkendara Saat Mudik Lebaran, Begini Posisi Tangan yang Benar Saat Mengemudi

SURATKABAR.IDBicara soal aman berkendara dengan mobil saat perjalanan panjang mudik Lebaran, banyak hal yang harus diperhatikan.

Salah satunya adalah memutar kemudi dengan teknik yang benar. Untuk dapat memutar kemudi dengan teknik yang benar, otomatis harus tahu posisi tangan yang pas untuk mengemudi mobil.

Posisi tangan yang pas dimulai dari cara genggamannya dulu. Pengemudi harus menggenggam kemudi bagian luar dengan posisi kedua jempol nggak boleh ditekuk ke dalam, seperti yang dilansir dari Grid.id, Minggu (3/6/2018).

Posisi jempol yang pas adanya di bagian lingkar kemudi bagian depan (dilihat dari arah supir). Menggenggam kemudi, ternyata tidak bisa sembarangan.

Sebelumnya, banyak yang menyebutkan bahwa posisi genggaman yang pas untuk mengemudi mobil itu ada di jam 10-2.

Baca juga: Jalan Tol Akan Digratiskan Saat Mudik Lebaran, Ini Syaratnya

Namun, sesuai dengan perkembangan jaman, ternyata posisi mengemudi itu ada koreksinya. Penempatan airbag dan juga fitur-fitur di kemudi, membuat posisi genggaman kemudi 10-2 tidak bisa lagi dipakai.

Saat ini, untuk mobil-mobil edisi baru, posisi genggaman kemudi mobil yang dianggap aman adalah posisi jam 9-3.

Jadi dengan posisi 10-2, dikuatirkan malah bikin airbag terhalang saat terpaksa harus mengembang.

Selama perjalanan mudik yang memakan waktu cukup lama, bukan hanya posisi tangan saat mengemudi yang harus diperhatikan.

Beberapa hal lain juga harus dipersiapkan, seperti posisi duduk. Atur jarak kursi dan buat posisi duduk senyaman mungkin.

Selain itu, saat berkendara tak harus menyalip. Intinya, tidak perlu terlalu buru-buru. Berkendara harus rileks. Tidak usah terlalu fokus dan terlalu panik.

Saat berada dalam perjalanan, usahakan untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Jarak aman untuk berkendara adalah setengah panjang kendaraan Anda.

Satu hal yang paling penting adalah tidak lupa menggunakan safety belt. Hal sederhana ini seringkali dilupakan oleh kebanyakan pengendara. Biasanya baru ingat ketika kendaraan sudah berjalan. Padahal hal ini bisa membuat fokus hilang sementara.