Menggiurkan! Ini 5 Makanan Khas Jelang Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia

SURATKABAR.IDTak terasa Ramadhan cepat sekali berakhir. Seluruh umat Muslim di dunia pun menyambut hari kemenangan dengan penuh suka cita.

Satu hal yang dilakukan adalah dengan menyiapkan beragam hidangan khas Lebaran. Namun, ternyata di beberapa negara dunia tak hanya Lebaran saja yang penuh dengan beragam makanan. Di negara-negara ini, juga menyajikan hidangan jelang Hari Raya Idul Fitri.

Mesir

Menjelang Idul Fitri, masyarakat Mesir biasanya berkumpul bersama keluarga besar mereka dalam satu rumah untuk membuat Kue Kahk.

Kahk adalah kue yang diisi dengan kacang dan ditutupi dengan gula bubuk. Banyak toko roti yang menjual Kahk saat menjelang Lebaran. Namun, masyarakat Mesir biasanya memanggang Kahk di rumah mereka sendiri.

Afghanistan

Salah satu negara di Timur Tengah ini juga punya makanan khas menjelang Idul Fitri, yaitu Bolani. Makanan ini merupakan adonan roti pipih yang diisi sayuran seperti bayam, kentang, dan labu.

Cara membuatnya dengan dipanggang atau digoreng sampai muncul kerak tipis. Bolani biasanya disajikan dengan yogurt tawar atau yogurt mint.

Baca juga: Tradisi Binarundak saat Lebaran di Sulawesi Utara, Bikin Gagal Diet

Rusia

Sementara itu, warga Muslim di Rusia biasanya membuat Manti, yang merupakan pangsit diisi dengan campuran daging domba atau daging sapi yang dibumbui.

Cara membuatnya dengan direbus atau dikukus. Ukurannya bervariasi, sesuai dengan lokasi geografis.

Somalia

Di Somalia, warganya akan membuat pancake yang dikenal dengan nama Cambaabur. Makanan ini merupakan roti fermentasi yang dibumbui saffron, kunyit, jinten, bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Pada Idul Fitri, Cambaabur disajikan manis dengan taburan gula halus dan diberi yogurt.

Maldives

Saat menjelang Lebaran, penduduk Maldives akan menghidangkan dua cemilan wajib, yakni Gulha dan Kulhi Boakibaa.

Gulha merupakan cemilan berbentuk bola-bola dari olahan ikan. Dibuat dengan tepung terigu atau tepung beras. Namun, Gulha yang dibuat dengan tepung beras memiliki ukuran lebih kecil, lebih keras, dan lebih renyah.

Sementara itu, Kulhi merupakan hidangan utama yang dibuat dari nasi dan ikan tuna. Ditambah dengan bawang merah, bawang putih, jahe, daun kari, cabe, jus lemon, bubuk kunyit, garam, tuna, dan beras.

Cara membuat Kulhi yakni dengan memasukkan bahan-bahan secara teratur ke dalam panci anti lengket dan dipanggang dengan api sedang sampai berubah warna menjadi kecoklatan.