Waspada! Gangguan Kesehatan Ini Bisa Menyerang Saat Lebaran

SURATKABAR.IDSaat Lebaran, makanan apapun akan sangat mudah masuk ke dalam tubuh. Hidangan lezat nan menggoda selalu siap di meja.

Sayangnya, hal itu bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan saat libur Lebaran. Ada beberapa risiko yang timbul, jika tidak membatasi santapan saat Lebaran.

Kelelahan

Perjalanan mudik yang melelahkan menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun. Apalagi saat dalam perjalanan tidak mengonsumsi makanan yang seimbang. Kondisi seperti itu akan membuat tubuh mudah terserang penyakit seperti flu atau infeksi saluran pernapasan atas.

Saat mudik, baiknya siapkan bekal yang cukup dan perhatikan juga kebersihan makanan jika Anda makan di restoran.

Baca juga: Gokil! 7 Foto Keluarga Pas Lebaran Ini Bikin Mules

Heartburn

Heartburn terjadi akibat masuknya asam lambung dan cairang lambung lainnya ke dalam esophagus, menurut Sandra Fryhofer, Assoc. Prof. Emory University, dilansir dari Cosmopolitan, (26/7/2014).

Cairan lambung yang masuk ke esophagus disebabkan kelumpuhan sphincter esophagus yang dalam keadaan normal berfungsi menutup saluran esophagus setelah makanan masuk ke lambung.

Dalam keadaan tekanan yang meningkat, seperti kekenyangan, kebanyakan mengonsumsi makanan dan minuman yang iritatif, seperti makanan yang pedas, cokelat, minuman bersoda, kelumpuhan sphincter esophagus ini dapat terjadi.

Diabetes Melitus dan Hiperglikemia

Selain kemungkinan makan lebih banyak, sajian lebaran yang biasanya tersaji dalam bentuk kue-kue yang manis juga bisa jadi salah satu trigger.

Kolesterol dan peningkatan gula darah bisa saja terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi kue-kue manis tersebut.

Jika tak bisa mengendalikan asupan yang dimakan, kadar gula dalam darah akan baik dan berisiko menimbulkan hiperglikemia.

Gangguan Pencernaan

Diare, mual, dan keluhan perut lainnya jadi salah satu yang paling sering terjadi. Ini dikarenakan makan berlebihan, makanan yang tidak cocok, dan juga kebersihan makanan yang tidak terjaga.

Ada baiknya sebelum makan mencuci tangan terlebih dahulu atau gunakan tisu basah untuk menghilangkan kuman yang menempel di tangan.