Pemudik Wajib Waspada, Motor Yang Bawa Beban Berlebih Bisa Akibatkan Ini


SURATKABAR.IDMudik menjadi salah satu tradisi turun-temurun masyarakat Indonesia ketika menjelang hari raya keagamaan, misalnya saja Lebaran. Ketika musim mudik Lebaran tiba, pemandangan yang sangat mudah untuk dijumpai yakni pemandangan sepeda motor dengan membawa beban berlebih. Beban terlebih tersebut bisa jadi manusia maupun barang, seringnya lagi keduanya (manusia dan barang).

Beban berlebih pada sepeda motor dapat menyebabkan motor rentan rusak. Beban berlebih ketika mengendarai sepeda motor yakni memperbesar risiko kecelakaan. Sehingga aparat kepolisian mengeluarkan aturan yang melarang hal tersebut. Namun sayangnya, aturan tersebut kerap disepelekan oleh para pengguna motor.

Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta, Muhammad Abdul Wakhid mengatakan bahwasannya, beban maksimal sebuah motor agar tak cepat rusak berbeda-beda, bergantung pada jenis sepeda motor. Jenis skuter matik, memiliki angka beban maksimal yang lebih kecil dibanding motor bebek dan sport.

“Kalau untuk beban itu tergantung dari model motor, skuter matik mungkin dengan pembonceng itu sekitar 120 kilogram (kg). Sedangkan untuk bebek dan sport bisa lebih tinggi,” katanya, dilansir dari viva.co.id.

Baca Juga: Ngeri! Petugas Stasiun Terperosok ke Bawah Kereta yang Melaju, Begini Kondisinya Usai Diselamatkan

Abdul Wakhid juga menuturkan bahwa selain berbahaya untuk pengendara itu sendiri, beban berlebih yang dibawa juga dapat membuat kinerja dari mesin motor terganggu. Mesin harus bekerja keras untuk dapat melajukan roda, sehingga berefek pada roda, pengereman, bensin dan shockbreaker (damper).

“Lalu (efeknya) ke roda, pengereman, bensin sudah pasti lebih boros, shockbreaker. Kalau roda, itu bicara soal bearing dan ban,” tutur Abdul Wakhid menambahkan.

Untuk menghindari dan meminimalisir kondisi tersebut, Abdul Wakhid juga menganjurkan agar para pemudik khususnya yang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan, tak membawa barang berlebih. Karena hal tersebut selain demi alasan keselamatan diri dan orang lain, juga agar sepeda motor tak cepat rusak.

Pemerintah juga telah banyak menyelenggarakan program mudik gratis, selain syaratnya yang mudah, program ini juga dapat memotong anggaran mudik dan faktor keselamatan diri lebih terjamin.