Heboh! Temuan Makhluk Mirip Serigala di Amerika Membingungkan Para Ahli


SURATKABAR.ID – Para ahli satwa liar di Amerika Serikat dibuat bingung oleh temuan seekor makhluk misterius “menyerupai serigala”. Setelah makhluk tersebut ditembak mati, para ahli angkat tangan dan mengaku tidak tahu makhluk jenis apakah itu. Insiden berawal saat seorang petani membunuh hewan misterius itu setelah mendekati ternaknya di dekat Denton, Montana.

Namun yang mengherankan, menurut para pejabat negara yang memeriksa semua pembunuhan yang dilakukan oleh serigala menyebutkan bahwa hewan itu tampaknya adalah sesuatu yang berbeda—alias bukan serigala.

“Kami tidak tahu apa ini sampai kami mendapatkan laporan DNA kembali,” ujar Bruce Auchly, juru bicara departemen Fish, Wildlife and Parks (FWP) Montana, kepada koran Great Falls Tribune yang dikutip dari Independent, Sabtu (26/05/2018) lalu. Demikian seperti dilansir dari reportase SindoNews.com, Jumat (01/06/2018).

Diduga Manusia Serigala?

Di antara teori-teori yang sudah beredar secara online menyatakan bahwa bisa jadi hewan itu adalah seekor beruang grizzly muda, hibrida coyote atau—mungkin bisa jadi—bukti bahwa manusia serigala itu ada. Namun para pejabat tampak skeptis terhadap penjelasan ini.

Sebaliknya, FWP menuturkan dalam rilis bahwa makhluk itu adalah seekor betina berusia muda, non-menyusui dan mamalia yang masuk dalam anggota keluarga anjing mencakup anjing, rubah, coyote (anjing hutan) dan serigala. FWP menambahkan bahwa para ahli pertama meragukan itu adalah serigala karena giginya terlalu pendek dan cakar terlalu besar.

Baca juga: Bukan Rekayasa! 4 Anak Ini Dibesarkan oleh Hewan, Begini Kelanjutan Nasib Mereka

“Beberapa hal menarik perhatian saya ketika saya melihat foto-foto itu,” ujar Ty Smucker, spesialis manajemen serigala dengan FWP.

“Telinganya terlalu besar. Kaki terlihat agak pendek. Kaki terlihat agak kecil, dan bulunya terlihat aneh. Ada sesuatu yang aneh tentang itu,” imbuhnya.

Satu teori untuk saat ini adalah bahwa ini bisa menjadi hibrida serigala-anjing yang dibesarkan di penangkaran dan dilepaskan ke alam liar.

Tapi bisa lebih dari sebulan sebelum hasil DNA kembali menawarkan sesuatu yang konklusif. “Mungkin beberapa saat sebelum ada yang tahu,” ungkap Smucker.

Diketahui, perburuan serigala diizinkan di negara bagian itu, dan penduduk diizinkan membunuh serigala yang mengancam properti mereka. Pekan lalu, BBC melaporkan peneliti Montana Wolf memperkirakan ada sekitar 900 serigala di seluruh negara bagian itu.

Dari lansiran Detik.com, para ahli satwa liar di negara tersebut mengatakan mereka belum bisa menentukan spesies makhluk tersebut hingga kini. Setelah hewan yang sudah mati ditembak itu diteliti, mereka menjadi ragu untuk menggolongkan makhluk itu adalah serigala. Selain karena taringnya terlalu pendek, cakar depannya pun terlalu kecil dan kukunya juga terlalu besar.

Bigfoot, Yeti Hingga Chupacabra

Berbagai teori aneh lainnya yang beredar secara daring, juga ada yang meyakininya sebagai kerabat Bigfoot, makhluk misterius sebagaimana Yeti di Himalaya.

“Bagian kupingnya terlalu besar. Kakinya terlihat sedikit pendek, agak kecil, dan bulunya terlihat aneh. Ada sesuatu yang berbeda tentang hewan itu,” kata juru bicara FWP, Bruce Auchly, kepada Great Falls Tribune.

FWP mencatat berbagai teori mitologi berseliweran di dunia maya, termasuk kemungkinan bahwa makhluk tersebut adalah serigala besar dari zaman Pleistosen yang memangsa mamalia besar.

Namun, “Dire Wolf (serigala besar) pertama itu adalah sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Grateful Dead pada tahun 1971. Saya tahu, saya mendengarkannya berkali-kali,” canda Auchly.

“Kedua, itu hewan prasejarah, seperti mastodon dan harimau bertaring pedang, jadi dire wolf atau serigala besar itu tidak ada,” tambah Auchly.

Beberapa orang mengatakan bahwa itu adalah Chupacabra, namun terlalu jauh bila disamakan dengan makhluk penghisap darah yang legendaris tersebut. Sementara yang lainnya menduga-duga bahwa makhluk itu adalah “Dogman” atau manusia berwujud anjing.

Adapun untuk menyebutnya sebagai Chupacabra yang legendaris, letaknya terlalu jauh di utara, sedang untuk menyebutnya Manusia Anjing, lebih kejauhan lagi.

Lainnya ada yang mengira makhluk itu adalah coywolf (persilangan anjing hutan dengan serigala), atau mungkin wolfdog atau persilangan anjing dan serigala yang dibesarkan di penangkaran dan kemudian dilepaskan ke alam liar.