Keceriaan Jokowi dan PM India Bermain Layangan di Monas


    SURATKABAR.ID – Hari ini, siang tadi, Rabu (30/05/2018), Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India, Sri Narendra Modi menerbangkan layang-layang bersama di Monumen Nasional, Jakarta. Penerbangan layang-layang tersebut dilakukan dalam rangka pembukaan Pameran Layang-Layang Bersama Indonesia dan India dengan tema Ramayana.

    “Pameran layang-layang ini untuk meningkatkan pariwisata. Layang-layang adalah permainan rakyat yang sangat populer di India. Setiap provinsi memiliki museum layangan,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya setelah peresmian Pameran Layang-Layang. Demikian seperti dikutip dari laporan Travel.Kompas.com, Rabu (30/05/2018).

    Saat diminta memainkan laying-layang yang lambang 70 tahun persahabatan antara Indonesia dan India, Joko Widodo dan Sri Narendra Modi tampak gembira.

    Kendati cuma sebentar, sekitar tiga menit, baik Jokowi maupun Sri Narandra Modi terlihat ceria dan asyik hingga tertawa lepas sewaktu bermain layang-layang. Usai membuka Pameran Layang-Layang Bersama Indonesia dan India, keduanya lantas berpose di Patung Arjuna Wijaya dan berkunjung ke Masjid Istiqlal Jakarta.

    “Kita harapkan dengan kehadiran Pal Modi bisa meningkatkan promosi kita ke India,” ujar Arief Yahya. Wisatawan asal India merupakan turis dengan pertumbuhan kedua tercepat di Indonesia setelah China.

    Baca juga: Sandiaga Uno Menilai Pemerintahan Jokowi dan Najib Razak Sama Gagalnya  

    Pada 2017 jumlah kunjungan turis India mencapai 485.314 orang. Jumlah ini meningkat 28,798 persen, atau sebanyak 108.512 orang, dibandingkan tahun 2016.

    Teken Perjanjian Kerja Sama

    Mengutip laporan Tempo.co, berdasarkan agenda harian Jokowi, pertemuan dengan Perdana Menteri India, Sri Narendra Modi mulai digelar pada pukul 10.00 WIB. Keduanya mula-mula akan melakukan sejumlah rangkaian kegiatan di Istana Merdeka, seperti foto bersama, mengisi buku tamu, tete-a-tete (percakapan privat), pertemuan bilateral, pengumuman dokumen kerja sama, dan kemudian berlanjut ke konferensi pers.

    Usai melakukan rangkaian acara tersebut, keduanya direncanakan bergerak ke Monumen Nasional untuk menghadiri festival layang-layang Indonesia-India. Acara bermain layang-layang ini berlangsung pukul 12.45 WIB.

    Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan, dalam kunjungan Modi ini, Indonesia dan India akan meneken sejumlah perjanjian kerja sama. Posisi India bagi Indonesia dinilai sebagai salah satu mitra penting di Asia.

    “Baik dari segi ekonomi maupun segi geopolitik dan geostrategisnya. India itu salah satu yang penting bagi kami,” kata Retno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/05/2018).

    Retno menyebutkan, nilai perdagangan kedua negara meningkat dari waktu ke waktu. Tahun lalu, lanjutnya, nilai perdagangan Indonesia-India tercatat US$ 18,7 miliar. Selain itu, jumlah turis asal India di Indonesia meningkat. Dalam kurun 2016-2017, peningkatan wisatawan India mencapai 28,8 persen. Sementara itu, salah satu perjanjian kerja sama yang akan diteken India-Indonesia yaitu pembaruan di bidang pertahanan.