Begini Cara Jokowi Kerjai Wartawan, Ini Sudah Kali Kedua saat Ramadan


SURATKABAR.IDPresiden Joko Widodo atau Jokowi dikenal sering sekali mengerjai para wartawan. Rasanya baru kali ini ada seorang Presiden yang notabene nya merupakan pemimpin negara, berhasil mengerjai para awak media hingga terbahak-bahak.

Presiden Joko Widodo sudah beberapa kali mengerjai wartawan, salah satunya yakni ketika momen Ramadhan tahun lalu. Rasanya kejadian tersebut masih tidak dapat dilupakan oleh para wartawan.

Pada Ramadan tahun lalu, ketika wartawan ingin mewawancarai Jokowi yang baru saja menghadiri buka puasa bersama di kediaman dinas Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017).

Begitu selesai dan keluar, Presiden Jokowi langsung menghampiri kerumunan wartawan. Para wartawan yang telah menanti dan bersiap dengan pertanyaannya, di kejutkan dengan presiden yang bertanya sambil memegang secarik kertas di tangan kanannya.

“Ini saya kasih siapa, ya?” tanya Jokowi sambil mengangkat secarik kertas putih tersebut.

Para wartawan yang mengira kertas tersebut berisi tulisan penting pun mempersilahkan Bapak tiga anak itu untuk membacanya. Namun Pak Presiden menolak.

“Enggak deh, saya kasih kamu saja.” Tolak Pak Jokowi.

Pak Jokowi pun menyerahkan secarik kertas tersebut kepada salah seorang wartawan, sambil berkata, “Ini menu makanan berbuka saya tadi.” Kata Pak Jokowi.

Kemudian Pak Jokowi berjalan ke arah mobil dinas dengan santainya, meninggalkan wartawan yang tertawa setelah sadar dikerjai.

Baca Juga: Tampak Mesra Saat Buka Bareng Jokowi, Ternyata Fahri Hamzah Bisikkan Pesan Penting Ini

Kisah serupa kembali terulang pada Senin (28/5/2018). Kali ini Presiden Jokowi berbuka puasa bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para menteri Kabinet Kerja, hingga tokoh politik di kediaman dinas Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Kompleks Widya Chandra, Nomor 10, Jakarta Selatan dihimpun dari tribunnews.com.

Terlihat wartawan berdiri rapi di depan pintu masuk rumah ketika acara akan berakhir. Para wartawan ingin mewawancarai Presiden tentang sejumlah topik hangat terkini. Salah satunya yakni isu mengenai Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya bagi Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang menuai polemik di publik.

Akhirnya muncul, Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja batik coklat lengan panjang keluar dari rumah dinas Bambang tepat pada pukul 18.47 WIB. Para wartawan pun menyapa Pak Presiden dan bersiap untuk wawancara.

“Selamat malam, Pak,” sapa para wartawan. Pak Jokowi pun menghentikan langkahnya persis di depan kerumunan wartawan.

Kesempatan emas, para wartawan pun langsung melontarkan pertanyaan ke Presiden. Namun jawaban Pak Jokowi diluar ekspektasi para wartawan, sontak wartawan pun terbahak-bahak mendengar jawaban orang nomor satu di Indonesia itu.

“Saya, Pak Wapres, Ketua DPR, Pak Ketua BPK, sepakat. Satu meja itu sepakat, besok kan libur. Kita sepakat…besok tetap puasa.” kata Jokowi sambil tersenyum.

Ekspresi yang sama juga terlihat pada Bambang Soesatyo dan Menteri Sekretaris Negara, Pramono Anung yang berada di sisi kiri dan kanannya. Lagi-lagi Jokowi dengan santai membalikkan tubuhnya dan melangkah menuju kendaraan dinas.

Ini yang kedua kalinya para wartawan dikerjai oleh Pak Presiden saat bulan Ramadan.