Yakin Perhiasan Emas Anda Asli? Jangan Terlambat, Segera Cek dengan 5 Tes Akurat Ini!


SURATKABAR.ID – Emas sebagai salah satu logam mulia memang memiliki cukup banyak penggemar. Apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Selain digunakan sebagai investasi jangka panjang di masa depan, emas juga dapat menunjang penampilan seseorang ketika bersilaturahmi ke rumah sanak keluarga.

Namun apakah Anda sudah benar-benar yakin jika perhiasan emas, seperti cincin, kalung, gelang, dan anting, maupun emas batangan yang dibeli itu asli? Sudah merogoh kantong dalam-dalam untuk membeli emas yang harganya terbilang tidak murah, tentu kita tidak ingin rugi.

Sebelum terlambat, sebaiknya lebih teliti dan pelajari bagaimana cara membedakan, mana emas yang asli dan mana yang palsu. Berikut ini 5 tes paling akurat untuk mengecek keaslian perhiasan emas milik Anda, seperti dilansir Grid.ID dari Gold King Online dan Passion Jewelry pada Senin (28/5/2018):

Lihat dan Perhatikan Tandanya

Tanda atau stempel khusus dipastikan ada dihampir seluruh emas asli. Pada stempel tersebut, konsumen mendapatkan informasi tentang karat yang terkandung pada perhiasan yang akan mereka beli. Pada kalung, biasanya stempel ditemukan pada jepitan. Dan cincin pada bagian dalamnya.

Baca Juga: Termahal di Dunia, Harley Davidson Ini Bermandikan Emas dan Berlian

Cek dengan Magnet

Trik mudah selanjutnya untuk mengecek keaslian perhiasan emas adalah dengan menggunakan magnet. Caranya dekatkan magnet ke perhiasan emas atau emas batangan. Jika emas menempel, maka dipastikan itu adalah emas palsu. Pasalnya logam mulia emas tidak memiliki energi magnet.

Tes Asam Nitrat

Nitric Acid atau Asam Nitrat rupanya dapat digunakan untuk mengecek apakah emas Anda asli atau tidak. Namun cara ini hanya bisa digunakan untuk perhiasan yang tidak untuk diperjualbelikan. Karena Anda harus menggores bagian emas untuk mengecek keasliannya.

Usai emas digores sedikit, teteskan sedikit asam nitrat tepat di atas goresan. Jika sama sekali tidak ada reaksi, artinya perhiasan Anda terbuat dari emas asli. Namun jika berubah menjadi hijau, itu karena perhiasan terbuat dari logam lain atau bagian luarnya dilapisi emas. Apabila muncul warna kuning, artinya perhiasan Anda terbuat dari kuningan. Sementara reaksi warna putih susu, ini muncul pada emas yang dilapisi perak.

Goreskan pada Keramik dan Kertas

Menurut cara yang direkomendasikan Passion Jewelry, Anda bisa menggosokkan perhiasan emas ke permukaan keramik atau kertas. Jika terlihat goresan hitam pada keramik atau kertas, sudah dapat dipastikan itu adalah emas palsu.

Pakai Foundation

Anda tidak salah baca. Produk kecantikan andalan kaum hawa ini memang bisa digunakan untuk mengecek keaslian perhiasan emas. Cukup aplikasikan foundation dan bedak pada bagian dahi Anda dan gosokkan emas di area tersebut. Jika ada noda coretan hitam, artinya perhiasan Anda bukan emas asli.

Itulah kelima cara paling akurat untuk mengetahui apakah emas batangan atau perhiasan Anda benar-benar asli atau hanya dilapisi emas saja. Cukup mudah, kan? Selamat mencoba dan jangan mudah percaya pada penjual.