Data Pribadinya Diumbar, Christian Sugiono Kecewa pada Perusahaan Layanan Komunikasi Ternama


SURATKABAR.ID – Aktor Christian Sugiono merasa dikecewakan oleh salah satu perusahaan penyedia layanan komunikasi ternama di Indonesia. Pasalnya, data pribadi miliknya diunggah melalui fitur Instagram Stories oleh seseorang yang diduga merupakan karyawan dari perusahaan layanan komunikasi yang digunakan Christian. Mengenai duduk persoalannya, suami Titi Kamal tersebut mengungkapkan kegeramannya melalui akun Twitter pribadinya.

Menurut sejumlah tweet yang dituliskannya, Christian Sugiono dibuat kecewa lantaran seorang karyawan dari perusahan tersebut telah membocorkan identitasnya sebagai pelanggan. Diketahui, yang sembarangan mengumbar data pribadinya tersebut merupakan akun media sosial Instagram atas nama @alexsinaga18.

“Ini penampakannya. Saya sangat keberatan dengan hal ini kok bisa2nya data rahasia pribadi diumbar2 ke social media dan dilihat publik,” tulis salah satu tweet Christian Sugiono yang kemudian diunggah ulang oleh akun gosip Instagram. Demikian seperti dikutip dari reportase Grid.id, Minggu (27/05/2018).

Dalam tweet yang diunggahnya, Christian Sugiono juga menyertakan satu capture foto yang menjadi bukti. Dari bukti foto itu, tampak bahwa karyawan yang bersangkutan telah memperlihatkan data pribadi milik Christian Sugiono melalui akun Instagram pribadi karyawan yang bersangkutan, yakni @alexsinaga18.

Mengutip laporan TribunNews.com, Alex mengabadikan data-data milik Christian yang tertulis alamat rumah, nomor pelanggan hingga momor telepon milik Christian Sugiono.

Baca juga: 2 Skincare Andalan Marini Zumarnis Untuk Tetap Tampil Cantik di Usia 40

Christian Sugiono lantas me-mention provider yang dikenal menyediakan layanan internet tersebut. Christian menduga, akun @alexsinaga adalah karyawan provider terkait.

“@IndihomeFiber ini ada karyawan anda posting2 data pribadi saya di instagram storynya dia. Ada nomor pelanggan, no telp dan alamat rumah saya. Saya keberatan sekali kok bisa sampai seperti ini kejadian data diumbar2 ke publik,” tulis Chirstian melalui akun Twitter-nya, Sabtu (26/05/2018).

Pantauan dari beberapa cuitannya, Christian Sugiono telah melaporkan ulah karyawan tersebut ke perusahaan penyedia layanan komunikasi terkait. Sejauh ini, Christian Sugiono hanya memperlihatkan bukti balasan dari perusahaan besar dan populer tersebut.

Kendati begitu, suami Titi Kamal ini masih tampak tidak nyaman. Ia pun meminta perusahaan terkait agar segera menindaklanjuti karyawannya yang terbukti melanggar etika tersebut.

Pasalnya, Alex mengabadikan data-data milik Christian yang tertulis alamat rumah, nomor pelanggan hingga momor telepon miliknya. Tampak pula bahwa Alex menuliskan sebuah kalimat, sekaligus menandai akun Instagram Christian melalui Instagram Stories tersebut.

“bisa ngobrol jg sm @csugionoo,” tulis akun tersebut.

Merasa privasinya diganggu, Christian ingin hal tersebut ditindak lanjuti.

“TelkomCare @IndihomeFiber nama account IG yg bongkar2 data saya dan posting di social media: alexsinaga18. Tolong ditindaklanjuti. Karena saya sangat2 tidak nyaman dengan hal ini!

“Atau karyawan tersebut tidak dibekali pemahaman mengenai privacy data pelanggan yg tidak boleh diumbar? Mohon ini dijadikan perhatian serius oleh @TelkomCare karena skrg jujur saya jd tdk nyaman u/ berlangganan produk anda plus memberi info data pribadi saya ke perusahaan anda,” tulis Christian.

“Apakah semudah itu membuka data2 pelanggan @TelkomCare @IndihomeFiber buat semua org/karyawannya sehingga sampai di post di socmed? Apakah data privacy tidak termasuk perhatian @TelkomCare ? Ini si alexsinaga18 benar2 kelewatan ngaconya. Apakah dia benar karyawan @IndihomeFiber?,” tambahnya dalam cuitan berseri yang diunggahnya.

Merespon keluhan Christian, akun @TelkomCare pun segera memberi jawaban. Hingga kini, jawaban yang diberikan adalah pihak Telkom akan menindaklanjuti hal tersebut.

“Ok Kak, kita langsung tindaklanjuti agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Tks -Dimas,” tulis akun @TelkomCare.