Kenali Fakta Kurma, Sajian Manis Untuk Berbuka. Nomor 4 Bikin Cantik?


SURATKABAR.IDPuasa di Bulan Ramadan rasanya tak lengkap apabila belum merasakan si manis Kurma. Buah asal arab ini memiliki nama latin Phoenix dactylifera, kurma merupakan buah yang identik dengan bulan ramadan. Namun tahukah kamu selain karena rasanya yang manis, kurma dipercaya dapat menjadikan tubuh lebih bertenaga?

Dewasa ini banyak sekali olahan kurma dalam berbagai macam, makanan maupun minuman. Selain memiliki kandungan gizi yang baik untuk daya tahan tubuh. Mari kita simak 6 Fakta lain dari buah Kurma, dilansir dari idntimes.com.

1. Buah Paling Awet dan Tahan Lama

Kurma merupakan buah yang memiliki kandungan air yang sedikit. Tak heran apabila kurma memiliki waktu kadaluarsa yang lama. Tidak seperti buah lain pada umumnya, Kurma merupakan buah yang paling tahan lama. Apabila buah lain akan busuk dalam waktu beberapa hari atau minngu, lain halnya dengan Kurma. Kurma dapat bertahan dan awet hingga 1 tahun lamanya.

2. Tak disukai Semut

Pada umumnya, semut menyukai rasa manis. Tak jarang semut akan terlihat mengerubungi gula atau bahkan buah yang rasanya manis. Namun, tahukah kamu bahwa hal tersebut tidak berlaku untuk kurma? Hal ini dikarenakan kandungan kurma yang hampir sama dengan kandungan madu asli, yang jarang sekali dihinggapi oleh semut. Pantas saja peribahasa mengatakan ‘Ada Gula Ada Semut’ bukan ‘Ada Yang Manis Ada Semut’. Karena tak semua yang manis akan disukai semut haha.

3. Tiga Butir Kurma = Satu Piring Nasi

Dengan kandungan zat gula dan kalori yang besar, kurma baiknya disantap pada saat berbuka puasa, karena dapat mengganti energi tubuh yang hilang akibat tidak makan seharian. Faktanya, tiga buah kurma setara dengan satu piring nasi. Jadi apabila sahur kalian terlalu mepet dengan imsak, tiga buah kurma saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi dan tenaga ketika berpuasa.

Baca Juga: Seorang Tukang Sampah Kembalikan Uang Rp 20 Juta yang Ditemukan, Balasan Pemiliknya Mengejutkan

4. Sebagai Bahan Sabun dan Kosmetik

Kurma memiliki kandungan 0% gula, lemak, protein serta mineral lainnya seperti tembaga, asam folat dan magnesium yang dapat membantu melembabkan kulit dan mencegah penuaan dini. Kurma mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mencerahkan kulit. Kurma dapat dijadikan bahan untuk membuat sabun dan kosmetik, terutama eyeliner.

5. Menjadi Bekal Pendaki Untuk Bertahan Hidup

Dengan segala kandungan yang ada di dalam buah kurma, menjadikan buah ini sering dijadikan pilihan oleh para pendaki gunung untuk bekal makanan. Selain karena bentuknya yang kecil dan praktis untuk dibawa kemanapun, kurma merupakan buah yang cocok untuk bertahan hidup. Faktanya, seseorang yang mengonsumsi kurma setiap hari dapat bertahan hidup lebih lama.