Hayooo….. Siapa yang Gemar Tidur Setelah Sahur? Ini Dampak Buruknya


    SURATKABAR.IDBulan puasa tak akan lengkap rasanya apabila kita tidak melaksanakan sahur. Sahur yang notabenenya dilakukan pada dini hari ini, mengharuskan umat muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa bangun pada jam sahur tersebut. Padahal pada dini hari wajarnya manusia sedang nyaman-nyamannya tidur.

    Setelah bangun untuk bersahur, kebanyakan orang akan langsung melaksanakan sholat subuh dan kembali tidur. Namun ternyata kebiasaan ini bukanlah kebiasaan yang baik. Kebiasaan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Tubuh akan lebih cepat merasa lapar dan gizi makanan tersebut juga tidak terserap secara baik.

    Hal tersebut dijelaskan oleh Ahli Gizi Rumah Sakit Hermina Banyumanik, Nila Puspitasari kepada Tribun Jateng, Selasa (22/5/2018), dihimpun dari tribunnews.com.

    “Sebenarnya bukan setelah sahur saja ya. Tetapi aktivitas makan yang diikuti dengan tidur, akan membuat seseorang merasa lebih cepat lapar dan gizinya juga tidak terserap dengan baik,” jelas Nila.

    Mengapa tubuh akan cepat merasa lapar dan gizinya tidak terserap dengan baik? Hal tersebut dikarenakan sistem metabolisme tubuh akan mengalami penurunan fungsi saat tidur, sehingga menyebabkan proses penyerapan makanan berhenti. Ketika makanan belum terserap sempurna oleh tubuh, makanan tidak terproses dan menyebabkan gula darah turun.

    “Hal tersebut merangsang hormon lapar,” tambah Nila.

    Nila menyarankan, apabila kita akan tidur setelah makan, baiknya menunggu satu hingga dua jam setelah makan. Hal tersebut bertujuan agar makanan dapat tercerna dengan sempurna, sehingga tidur pun tidak akan berdampak negatif bagi tubuh.

    Baca Juga: Sebelum Dita CS Beraksi, Umar Patek Ternyata Sempat Kirim Info Penting ke Densus 88

    “Baik makan pagi, siang. malam ataupun sahur, harus dilakukan minimal satu hingga dua jam sebelum tidur. Terlebih bagi penderita maag ya. Ususnya akan lebih berat bekerja,” terang Nila.

    Yuk mulai pola hidup sehat saat berpuasa, agar selain mendapat pahala, tubuh kita juga terhindar dari berbagai penyakit yang mengintai.