Sah Jadi Bangsawan Kerajaan Inggris, Meghan Markle Dilarang Lakukan 9 Hal Ini


SURATKABAR.ID – Gelaran pernikahan mewah Meghan Markle (36) dengan Pangeran Harry (33) telah dilangsungkan dengan mewahnya di Kastil Windsor pada Sabtu (19/05/2018). Resmi menjadi istri tercinta dari putra bungsu Lady Diana, Princess of Wales tersebut tentu bukan tanpa pengorbanan. Pasalnya, kini ada banyak hal yang sudah tak bisa lagi dilakukannya setelah menjadi bagian dari keluarga kerajaan Inggris.

Sekarang, Meghan Markle yang lama telah ‘tiada’. Namanya kini sudah terpampang di situs resmi kerajaan Inggris sebagai “Duchess of Sussex”. Pemilik nama lengkap Rachel Meghan Markle ini pun harus rela mengubur kariernya di dunia akting dan hiburan. Tak hanya itu, ia juga harus mematuhi peraturan kerajaan Inggris sebagai Her Royal Highness Duchess of Sussex. Demikian sebagaimana dikutip dari laporan The Sun melalui Liputan6.com, Rabu (23/05/2018).

Tak ada lagi hari di mana Meghan bisa berbicara dengan bebas soal politik Amerika Serikat, atau ikut dalam perdebatan kontroversial. Padahal sebelumnya, Meghan dikenal berprofesi sebagai seorang aktris yang juga aktif menjadi feminis. Kini Meghan Markle telah menjelma menjadi tipe wanita yang baru. Setelah sah menjadi bagian dari keluarga kerajaan Inggris, Meghan kini harus lebih menjaga diri.

Lalu, apa saja hal tabu yang tak lagi dapat Meghan Markle lakukan setelah menjadi istri Pangeran Harry, seperti dikutip dari The Sun, Senin (21/5/2018):

  1. Dilarang Selfie

Meghan mungkin telah terbiasa melakukan wefie dengan penggemar acara TV-nya, namun kini ia harus belajar untuk mengatakan “tidak”. Sebab kini ia adalah seorang bangsawan, dan hal tersebut terlarang baginya.

Baca juga: Bak Cinderella! Inilah 12 Gaun Mewah Pernikahan Kerajaan Inggris dari Masa ke Masa

Dikutip dari The Mirror, Meghan telah dilarang melakukan hal itu menjelang hari besar pernikahannya. Sejak diboyong ke Nottingham, Meghan mengatakan, “Kami tidak diizinkan melakukan selfie.”

Sang Ratu England tampaknya bukan penggemar foto selfie. Hal ini diungkapkan oleh Matthew Barzun yang merupakan mantan duta besar AS. Ia menyebutkan kepada Majalah Tatler, bahwa pada tahun 2014, Ratu Elizabeth melihat kegiatan selfie merupakan hal yang aneh dan membingungkan.

  1. Memeluk Anjing Kesayangannya

Setelah resmi menikah dengan Pangeran Henry Charles Albert David alias Prince Harry, Meghan Markle harus pindah ke Inggris. Namun sayang, ia tak bisa membawa serta anjing kesayangannya. Meghan yang dulu berakting memerankan tokoh Rachel Zane dalam drama series televisi AS bertajuk “Suits” tersebut harus rela membiarkan salah satu anjing kesayangannya dirawat orang lain.

Bogart, anjing campuran labrador penggembala miliknya dianggap terlalu tua untuk dipindahkan. Jadi dia kini tinggal dengan seorang teman di Kanada, demikian menurut laporan The Sun.

Namun anjingnya yang lain, seekor anjing pemburu bernama Guy, bernasib lebih beruntung. Kini ia hidup dalam kehidupan mewah sejak pindah ke Inggris dengan Meghan. Bahkan, Guy dikabarkan mengendarai mobil dengan Ratu ke pernikahan pada Sabtu kemarin.

  1. Keluar Sendirian

Sekarang Meghan telah bergabung dengan salah satu keluarga bangsawan paling terkenal di dunia. Dengan demikian, dia harus terbiasa dikelilingi oleh penjaga keamanan tingkat tinggi setiap saat. Pergi keluar untuk joging di taman sendirian telah menjadi kenangan masa lalu.

  1. Memakai Rok Pendek

Diketahui, Sang Ratu tak suka dengan rok pendek. Jadi mulai sekarang, jangan harap bisa melihat Meghan mengenakan rok mini lagi dalam penampilannya sebagai anggota kerajaan yang baru.

  1. Ikut Voting

Meghan telah diberi izin tinggal di Inggris, namun dirinya tak akan diberikan kewarganegaraan selama beberapa tahun karena ia harus menjalani proses visa normal seperti pada umumnya.

Namun ketika sudah menjadi warga negara Inggris pun, bukan berarti dia masih dapat memberikan hak suaranya dalam pemilihan umum.

Menurut situs web parlemen: “Meskipun tidak dilarang oleh hukum, itu dianggap inkonstitusional bagi anggota kerajaan untuk memilih dalam pemilihan.”

Ini mungkin berlaku langsung untuk Sang Ratu, yang harus tetap netral dalam hal politik, tetapi anggota keluarga kerajaan lainnya mematuhi aturan yang sama.

Pada Juni 2017, seorang juru bicara Istana Buckingham menyebutkan kepada Newsweek  bahwa anggota keluarga kerajaan tidak memilih “berdasarkan konvensi”.

  1. Dilarang Gunakan Cat Kuku Berwarna Gelap

Untuk tugas publik, Duchess of Cambridge (Kate Middleton) dan Ratu Inggris selalu terlihat dengan kukunya yang alami. Tapi ternyata ada alasan ketat untuk hal ini.

Menurut Majalah OK!, pewarna kuku berwarna dan kuku palsu bukan bagian dari etiket kerajaan, dan biasanya dianggap “vulgar”.

Pada saat-saat kuku mereka dicat, mereka biasanya memilih warna-warna nude.

Ratu Elizabeth sendiri diketahui telah mengenakan Nail Lacquer Esso di Ballet Slippers sejak tahun 1989.

  1. Punya Akun Media Sosial Sendiri adalah Tabu

Berkat perannya dalam sebuah acara TV, Meghan Markle mendapat tiga juta pengikut di akun gabungan Instagram, Twitter serta Facebook. Meghan yang pada tahun 2011-2013 lalu pernah menikahi Trevor Engelson (produser film, penulis skenario dan aktor) ini diketahui menggunakannya untuk memposting gambar secara rutin tentang kehidupan sehari-harinya.

Namun kini, karena sudah menjadi bangsawan, dia harus menghapus seluruh akun media sosial pribadinya tersebut—sesuai dengan protokol kerajaan.

Diperkirakan Meghan akan bergabung dengan Harry, Kate, dan William di akun media sosial Kensington Royal yang memperbarui status untuk publik dengan kegiatan amal mereka. Di akun resmi Meghan dan Harry sebelumnya, yang terunggah hanya momen pertunangan mereka dan tanggal pernikahan mereka.

  1. Tabu Tanda Tangan Sembarangan

Tak ada anggota keluarga kerajaan yang akan memberi Anda tanda tangan, karena protokol kerajaan melarang mereka menandatangani apapun untuk orang lain.

Jadi orang-orang seperti ratu, Duchess of Cambridge dan Pangeran William serta Harry—dan  sekarang termasuk Meghan—harus dengan sopan memberitahu publik bahwa mereka tak akan menandatangani buku atau apapun untuk penggemarnya.

Sempat menjadi pemberitaan saat Pangeran Charles diminta tanda tangan, maka ia selalu menjawab: “Maaf, mereka tidak mengizinkan saya melakukan itu.”

Namun, mereka diizinkan untuk menandatangani buku pengunjung saat melakukan perjanjian resmi dan juga untuk dokumen resmi.

  1. Dilarang Tidur Sebelum Ratu

Sewaktu anggota keluarga kerajaan berada di rumah atau kastil yang sama, biasanya Sang Ratulah yang akan menentukan kapan malam berakhir. Anggota kerajaan lain tidak diperkenankan tidur duluan sebelum ratu memutuskan waktu istirahat malam.

Berikut adalah video kemunculan pertama Meghan setelah resmi menjadi anggota keluarga Kerajaan Inggris dalam gelaran acara ulang tahun Pangeran Charles yang ke-70 di Buckingham Palace.