Pertemuan Prabowo Subianto dan Anwar Ibrahim di Malaysia, Apa Saja yang Dibahas?


SURATKABAR.ID – Pertemuan antara mantan Wakil PM Malaysia, Anwar Ibrahim, dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Pertemuan tersebut kemudian dibeberkan oleh Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono. Menurutnya, pertemuan itu berawal dari kedatangan Anwar Ibrahim ke Indonesia.

“Sebelumnya pada saat Anwar Ibrahim ke Jakarta beberapa hari yang lalu, Datuk Sri belum sempat bertemu Prabowo Subianto. Namun saya sempat bersama Rizal Ramli dan beberapa tokoh lainnya mengadakan pertemuan tertutup dan pada saat itu saya sudah sampaikan salam dari Pak Prabowo dan Anwar Ibrahim menyampaikan salam dan keinginannya bertemu. Alhamdulillah kemarin pertemuan bisa dilaksanakan,” papar Ferry saat dihubungi, Rabu (23/05/2018). Demikian sebagaimana mengutip laporan Detik.com.

Diungkapkan Ferry, pertemuan itu secara umum membahas perkembangan ekonomi dan politik di Indonesia serta Malaysia. Diharapkan, perjumpaan tersebut dapat membawa dampak positif bagi hubungan diplomatik Indonesia dan Malaysia, khususnya pasca-kemenangan oposisi di Malaysia.

“Berharap bahwa dengan kemenangan oposisi di Malaysia bisa membawa hubungan diplomatik Indonesia-Malaysia menjadi lebih baik dan strategis,” lanjut Ferry.

Sama-sama Tokoh Oposisi

Lebih lanjut, Ferry juga menyebutkan pertemuan itu dilakukan tak lain karena kesamaan Prabowo dan Anwar, yang merupakan tokoh oposisi di negara masing-masing. Kata Ferry, hal itu menjadi latar belakang pertemuan tersebut.

Baca juga: Rayakan Harkitnas, Ini Pesan Prabowo Kepada Rakyat Soal Pemimpin Indonesia

“Iya itu justru menjadi latar belakang pertemuan tersebut,” ujarnya kemudian.

Saat ditanya apakah ada pesan khusus yang disampaikan Anwar kepada Prabowo, terutama yang berkenaan dengan pencapresan Prabowo pada Pilpres 2019, Ferry enggan membocorkan.

“Rahasialah,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menambahkan pertemuan Prabowo dan Anwar memang dimaksudkan untuk membangun hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia. Ia menyebutkan, pertemuan itu juga merupakan ajang pembelajaran terkait pemilihan umum di Malaysia.

“Dan perkembangan politik yang luar biasa di Malaysia,” papar Riza di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Bahas Reformasi Malaysia

Diketahui, pertemuan Prabowo-Anwar Ibrahim diungkap oleh Anwar Ibrahim melalui unggahan di Facebook, Rabu (23/05/2018). Saat pertemuan, Anwar didampingi sang istri, Wan Azizah Wan Ismail.

“Malam tadi saya dan Azizah dikunjungi oleh Bapak Leftenan Jeneral (P) Prabowo Subianto, Ketua Umum Parti Gerindra di Indonesia di kediaman Bukit Segambut,” demikian tulis Anwar Ibrahim.

Malam tadi saya dan Azizah dikunjungi oleh Bapak Leftenan Jeneral (P) Prabowo Subianto, Ketua Umum Parti Gerindra di…

Posted by Anwar Ibrahim on Tuesday, May 22, 2018

Anwar juga mengunggah foto pertemuannya dengan Prabowo. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani tampak menemani Prabowo dan Anwar makan malam bersama.

Dalam pertemuan itu, Prabowo mengucapkan selamat atas dilantiknya Azizah sebagai Wakil PM Malaysia. Selain itu, Prabowo dan Anwar membahas reformasi Malaysia.

“Di samping menyampaikan ucap tahniah buat Azizah atas pelantikan selaku Timbalan Perdana Menteri, kami sempat membahas perihal berbagi pengalaman reformasi yang dilalui oleh Malaysia,” sebutnya.

“Terima kasih Pak Prabowo atas kesudian hadir berziarah,” tutup Anwar di unggahannya.

Anwar Ibrahim bebas dari penjara setelah mendapat royal pardon, berupa pengampunan penuh, dari Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V. Setelah bebas, Anwar sempat ke Indonesia untuk bertemu dengan presiden ke-3 RI, B.J. Habibie dan juga Wapres RI Jusuf Kalla (JK).