Heboh Wanita Tewas Dipatuk Kobra di Banyumas, Fakta Soal Garam Penangkal Ular Ternyata…


SURATKABAR.ID – Kasus seorang wanita warga Desa Cihonje, Kecamatan Gumelar, Banyumas, Jawa Tengah, bernama Siti Fatimah (38) yang tewas dipatuk ular jenis kobra ketika lelap tidur pada Minggu (20/5) lalu menghebohkan masyarakat sekitar.

Peristiwa nahas yang dialami keluarga Tohirin (35), seperti dilansir Grid.ID dari laman Kompas.com pada Minggu (20/5/2018), berawal mula ketika pria ini kembali ke rumah usai bekerja pada pukul 02.00 dini hari. Ia mendapati istri dan kedua buah hatinya pulas.

Ketika akan membangunkan sang istri sekitar pukul 03.00 pagi untuk santap sahur, ia dikejutkan dengan tubuh sang istri yang sudah tidak bergerak dan terasa dingin. Ditambah lagi dengan adanya bercak darah pada telapak kaki kiri wanita tersebut.

Tohirin lalu mendapati seekor ular king kobra berukuran lengan orang dewasa yang bersembunyi di balik pintu kamar. Melihat itu, kuat dugaan bahwa sang istri harus kehilangan nyawa karena bisa beracun usai dipatuk ular.

Baca Juga: Tragis! Sudah Digigit Ular, Wanita Ini Malah Dikubur Berlumur Kotoran Sapi oleh Suaminya

Ular memang tidak jarang ditemukan memasuki tempat tinggal penduduk. Dalam beberapa kasus, hewan ini diketahui masuk ke dalam rumah karena ingin mencari makanan atau sekedar tempat untuk berlindung dan bersembunyi di tempat yang hangat.

Terkait kasus tersebut, masyarakat selama ini mempercayai satu cara menangkal ular memasuki rumah-rumah warga adalah dengan menaburkan garam di sekeliling area tempat tinggal. Trik ini mulai diajarkan pada pelajar dalam kegiatan Pramuka saat mereka berkemah.

Cukup banyak yang mempraktekkannya demi menjaga rumah mereka aman dari serangan ular. Namun benarkah cara tersebut terbukti ilmiah dapat menghalau ular dalam memasuki rumah? Rupanya itu hanyalah mitos belaka!

Sodium klorida yang terkandung dalam garam ternyata hanya dapat mengusir hewan melata yang diselimuti lendir pada sekujur tubuhnya, seperti siput dan lintah. Dan sama sekali tidak akan pernah bekerja pada tubuh ular yang memiliki sisik.

Jika ingin mengusir ular ada cara yang lebih efektif. Ular ternyata takut pada sesuatu yang memiliki aroma wangi, seperti parfum dan kapur barus. Mereka juga tidak akan berani memasuki rumah yang memiliki binatang peliharaan bercakar.

Hal lain yang perlu diketahui tentang ular kobra. Mereka biasa memasuki rumah warga untuk mencari kehangatan. Biasanya dalam kondisi hujan deras di luar rumah, ular kobra akan merayap masuk ke dalam tempat tinggal manusia demi menghangatkan diri.