Salat Tarawih di Monas Batal, Anies: Kita Ikut pada Pedoman yang Digariskan Ulama


SURATKABAR.ID Pemprov DKI Jakarta mengurungkan rencana menggelar salat Tarawih bersama di Monas. Kegiatan yang awalnya direncanakan dilaksanakan pada 26 Mei 2018 tersebut urung dilakukan karena banyak kritik dari berbagai pihak.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengaku telah mendengar masukan dari berbagai pihak. Ia mengaku akan mengikuti saran-saran dari para ulama untuk menggelar salat Tarawih tersebut di Masjid.

“Kita mendengar yang disampaikan para ulama, dan kita dalam urusan ibadah ya merujuk pada para ulama. Kita ikut pada pedoman yang digariskan ulama,” kata dia di Balai Kota, Senin (21/5/2018), dikutip dari republika.co.id.

Anies mengklaim telah melakukan koordinasi dengan Masjid Istiqlal terkait pelaksanaan kegiatan ini. Masjid Istiqlal dipilih lantaran letaknya paling strategis dan termasuk yang laing dekat dengan rencana awal, yakni Monas. Alasan lainnya adalah daya tampung Masjid Istiqlal yang dirasa bisa mencukupi.

Baca Juga: Saat Nikita Willy Puasa Setengah Hari, Ia Berbuka dengan Menu Favorit Ini

“Ada juga catatan mengenai keamanan dan lain-lain mengenai memang lebih baik kita selenggarakan di masjid karena tujuannya adalah Tarawih akbar, tempatnya kita selenggarakan di Istiqlal,” ujar dia.

Sebelumnya, banyak pihak yang mempertanyakan rencana Pemprov DKI Jakarta menggelar salat Tarawih di Monas tersebut. Salah satunya dari Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis.

“Saya kok ragu ya kalau alasannya Tarawih di Monas untuk persatuan. Logikanya apa ya? Bukankah Masjid Istiqlal yang megah itu simbol kemerdekaan, kesatuan, dan ketakwaan,” kata dia.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti juga mengungkapkan ketidaksetujuannya rencana salat Tarawih di Monas. Dimana pihaknya ingin rencana tersebut dipindahkan ke masjid.

“Salat tarawih di Monas bisa menimbulkan kesan politis. Dalam konteks luas dan jangka panjang, bisa menjadi preseden untuk kegiatan serupa oleh pemeluk agama lainnya,” ujarnya,  Sabtu (19/5/2018) malam, dikutip dari detik.com.