Disebut Ciptakan Lagu #2019GantiPresiden, John Paul Ivan Eks Gitaris Boomerang Geram!


    SURATKABAR.ID – John Paul Ivan yang dikenal sebagai eks gitaris band rock senior Boomerang, merasa geram lantaran namanya disebut sebagai pencipta dari lagu #2019GantiPresiden. Pria kelahiran 3 Januari 1971 tersebut tak terima dengan pemberitaan sebuah media online yang mengatakan dirinyalah yang mencipta lagu bermuatan politik tersebut.

    “STOP BERITA HOAX!!! #jpi #johnpaulivan #beritabohong #hoax#proseshukum #sayaindonesia,” tulis John pada Minggu (20/05/2018) di akun Instagram-nya, @i_am_john_paul_ivan, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (21/5/2018).

    Musisi yang mengidolakan gitaris Jimi Hendrix ini memajang screenshot berita yang berjudul “John Paul Ciptakan #2019GantiPresiden Begitu Syahdu dan Meninju”. John berniat melaporkan portal berita tersebut ke pihak berwajib. Sebagai amunisinya, ia sudah menunjuk Angga JS untuk menjadi kuasa hukumnya.

    “Saya sudah menunjuk lawyer @angga.js sebagai Pihak badan hukum yang ditunjuk untuk menindak lanjuti kasus ini dengan diproses secara hukum yang berlaku di NKRI. Terima kasih bagi semua teman2 yang sudah mendukung, kebenaran harus ditegakkan,” tulisnya kemudian.

    Tak hanya itu. John Ivan juga berniat untuk mendatangi langsung kantor media yang ia anggap telah membuat berita bohong tersebut.

    Baca juga: Bawaslu Anggap 7 Materi Iklan PSI Ini Langgar UU Pemilu

    “Ini data2 dah lengkap, sampai ketemu besok senin siang ya, tak kunjungi kantormu, siap2 aja @divisihumaspolri @cybercrime.id @kabarkan_org #divisihumaspolri #cybercrime #polri #kapolri#beritabohong #hoax #sayatidaktakut#sayaindonesia,” tulis John sambil mengunggah informasi tentang portal berita tersebut.

    Namanya Dicatut Sembarangan

    Sementara itu, melansir laporan Metrotvnews.com, John Paul Ivan juga menyampaikan bantahannya melalui akun media sosial Twitter. Tak hanya di platform Instagram saja, ia mengicaukan bantahan bahwa dirinya adalah pencipta lagu gerakan bertagar #2019GantiPresiden.

    “Tolong ditindak, ini akun pribuminews.co.id sudah bikin pelecehan berita hoax,” demikian John mencuitkan kekesalannya lewat akun Twitter @JPIxxx  kepada akun @DivHumas_Polri dan @CCICPolri, Sabtu malam (19/05/2018).

    Sebelumnya, dalam foto berseri di Instagram, John membagikan data situs web tersebut. Tertulis bahwa pribuminews dengan domain co.id merupakan media di bawah MePRindo Media Group yang beralamat di The Manhattan Square Building, Jakarta.

    “Ini data sudah lengkap, sampai ketemu besok Senin siang ya cok, saya kunjungi kantormu. Siap siap saja,” tulis @i_am_john_paul_ivan dalam keterangan foto.

    “Saya sudah menunjuk pengacara Angga JS (@angga.js) sebagai pihak badan hukum yang ditunjuk untuk menindaklanjuti kasus ini dengan diproses secara hukum yang berlaku di NKRI. Terima kasih bagi semua teman yang sudah mendukung. Kebenaran harus ditegakkan. Stop berita hoax!” tulis John dalam foto lain yang menunjukkan “berita bohong” yang dimaksud.

    Sejumlah situs lain yang diketahui berada dalam grup MMG atau punya afiliasi antara lain porosnews.com, jabarsatu.com, citrasurveiindonesia.co.id, jakartasatu.com, meditanews.com, edun.co.id, migasnesia.com, csr-indonesia.com, seni.co.id, serta energyworld.co.id.

    Artikel di situs pribuminews, yang ditulis dengan judul “Jhon Paul Ivan Ciptakan #2019GantiPresiden Begitu Syahdu dan Meninju”, mendeskripsikan riwayat John sebagai musisi legendaris yang pernah bermain gitar dengan “Guns and Roses, Scorpion, Bryan Adam”.

    Artikel ini juga menyebut bahwa “dunia rock dan musik tanah air terguncang saat beberapa stasiun radio mengumandangkan lagu tersebut” dan bahwa “pihak istana meminta untuk tidak diputar”.

    Setelah John memberi bantahan di media sosial tentang isi artikel, porosnews memuat artikel klarifikasi pada Minggu pagi (20/05/2018). Mereka mengakui telah keliru mencatut nama.

    “Berita ini kami sampaikan, bahwa ada kekeliruan soal Jhon Paul Ivan yang bukan pengarang lagu #2019GantiPresiden, tetapi adalah Johni Sang Alang. Dengan demikian kami sampaikan maaf dan kami juga sampaikan kata maaf kepada Jhon Paul Ivan dan kami terbuka menerima hak jawab,” tulis pihak porosnews.

    Artikel terbaru itu lalu menyebut nama pencipta lagu sebagai Jhoni Sang Alang, merujuk ke musisi era 1990-an yang akrab dipanggil Sang Alang.

    Lagu “#2019GantiPresiden” dan “Aku Mau Presiden Baru”

    Lebih lanjut, mengutip laporan Detik.com, lagu yang kini jadi viral di media YouTube tersebut muncul setelah sebelumnya sablonan kaos dan juga aksi gerakan massa eksis dengan tema yang sama. Lagu tersebut muncul di media sosial Youtube dan disebar di grup-grup WhatsApp. Lagu itu digadang-gadang dinyanyikan oleh rocker bernama Sang Alang.

    Meski masih simpang-siur, yang jelas lagu itu mulai muncul di YouTube sejak Sabtu (19/05/2018) kemarin setelah diunggah oleh beberapa YouTuber, seperti RUANG HIJRAH, muzik mania dan DR NEWS.

    Dalam tampilan video YouTube yang diunggah RUANG HIJRAH, tertulis caption ‘Keren Lagu 2019 Ganti Presiden-Sang Alang’. Video tersebut diunggah pada tanggal 19 Mei 2018. Berdasarkan pantauan tim jurnalis Suratkabar.id, lagu itu saat ini sudah disukai 1.020 orang dan ditonton sebanyak 28.878 kali.

    Selain lagu yang viral itu, ada beberapa versi lagu bertemakan #2019GantiPresiden. Di antaranya lagu berjudul “Aku Mau Presiden Baru”/

    Berikut lirik lagu bertema #2019GantiPresiden yang sedang viral itu:

    Dulu kami hidup tak susah
    Mencari kerja sangat mudah

    Tetapi kini, pengangguran
    Semakin banyak nggak karuan

    10 juta lapangan kerja
    Tetapi bukan untuk kita

    Kerja, kerja, kerja, buruh asing yang kerja
    Anak-anak bangsa tetep nganggur aja

    Di sana-sini orang menjerit
    harga-harga selangit hidup kian sulit

    Sembako naik, listrik naik
    Di malam buta BBM ikut naik

    (buset)…

    Pajak mencekik usaha sulit
    Tapi korupsi subur penguasanya makmur

    Rumah rakyat kau gusur, nasib rakyat yang kabur
    Awas, awas kursimu nanti tergusur

    Beban hidup kami sudah nggak sanggup
    Pengennya cepat-cepat tahun depan

    2019 ganti presiden
    Kuingin presiden yang cinta pada rakyatnya

    2019 ganti presiden
    Kuingin presiden yang tak pandai berbohong

    2019 ganti presiden
    Kuingin presiden yang cerdas gagah perkasa

    2019 ganti presiden
    Bukan presiden yang suka memenjarakan ulama
    Dengan rakyatnya, yeah, yeah,

    Cabai mahal, tanam sendiri
    Daging mahal, makan bekicot
    Listrik mahal, cabut meteran
    Beras mahal, ditawar dong