Bingung Saat Akan Diwawancara? Inilah Cara Untuk Melaluinya dengan Baik. Baca dan Sebarkan!


melamar-pekerjaan

Sebelum bersiap memenuhi undangan wawancara pekerjaan esok hari, coba pastikan dulu Anda telah mengetahui dengan benar cara terbaik untuk memperkenalkan diri. Jika tidak dilakukan dengan benar, maka bisa meninggalkan kesan yang tidak baik dan memengaruhi penilaian pihak HR terhadap kesempatan Anda menjadi pegawai di perusahaan mereka.

Sebagai persiapan, coba cermati empat tips berikut ini, seperti dilansir Karirpad.

Sebelum wawancara

Jika ingin terlihat segar dan rapi, tidak ada salahnya untuk memeriksa penampilan Anda di kamar mandi sebelum masuk ke kantor tempat wawancara. Dan ketika mulai masuk kantor tempat wawancara, perhatikan dengan benar cara Anda memperkenalkan diri, termasuk kepada resepsionis. Setelah itu, tunggu giliran Anda hingga akhirnya diundang pihak HR atau user untuk masuk ke ruang wawancara. Jika diperlukan, jabat tangan pihak HR atau user yang akan mewawancarai Anda.

Saat wawancara

Pertanyaan pertama yang akan dilontarkan oleh pewawancara saat wawancara pekerjaan berlangsung biasanya adalah, “Bisa ceritakan tentang diri Anda?”

Perhatikan dengan benar informasi serta kata-kata yang akan Anda lontarkan. Ceritakan hanya poin-poin penting tentang kemampuan, pengalaman dan hal-hal terkait lainnya. Jangan terlalu berlebihan dan upayakan untuk memberikan informasi yang singkat, padat dan jelas.

Manfaatkan waktu sesingkat mungkin

Ketika Anda memperkenalkan diri saat wawancara, upayakan untuk tidak terlalu lama menceritakan latar belakang pendidikan, minat serta hobi kepada peawancara. Ingatlah masih banyak pertanyaan lanjutan yang akan diajukan oleh pewawancara. Pada saat perkenalan, biasakan untuk memanfaatkan waktu sesingkat dan sepadat mungkin, agar pewawancara bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan proses wawancara dengan pertanyaan lainya.

Pertanyaan lanjutan

Pertanyaan lanjutan yang diajukan oleh pewawancara biasanya masih berhubungan dengan pernyataan atau informasi yang Anda berikan saat perkenalan. Untuk itu perhatikan dan ingat sebaik mungkin apa yang sudah Anda sampaikan agar bisa berkelanjutan dengan pertanyaan yang akan diajukan oleh pewawancara. Bagilah informasi yang akurat, spesifik dan tepat yang diharapkan bisa mempengaruhi penilaian perusahaan untuk memilih Anda sebagai kandidat yang tepat.

Sumber : okezone.com