Olahraga saat Berpuasa, Kenapa Tidak?


SURATKABAR.IDBerpuasa berarti sanggup untuk tidak makan maupun minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Namun bukan berarti saat kita berpuasa, kita harus bermalas-malasan dan hanya tidur seharian. Ada baiknya kita berolahraga agar tubuh kita tetap sehat dan fit. Tentunya olahraga yang dilakukan saat berpuasa berbeda dengan saat kita tidak puasa, agar kita tidak kehilangan banyak cairan tubuh ketika berolahraga.

“Tentu olahraga ringan ya saat puasa jangan yang high impact. Bisa kita lakukan sendiri di rumah,” kata Tutik dikutip dari jawapos.com.

Baca Juga: Tiga Wanita Bercadar Minta Dipeluk Dalam Aksi Dukung Polri Memberantas Terorisme

Menilik penjelasan dari Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RS Sentra Medika Cisalak, dr. Tutik Fauziah, SpKFR bahwa olahraga dapat melatih tubuh seseorang agar sehat jasmani dan rohani. Olahraga dapat menjadikan tubuh lebih fit dan bugar. Olahraga juga dapat melancarkan metabolisme dan peredaran darah dalam tubuh, serta menjaga berat badan dan postur tubuh yang baik.

Manfaat yang didapatkan dari olahraga sangatlah banyak, Tutik menjelaskan olahraga yang dilakukan saat puasa juga dapat menormalkan tekanan darah dan kadar gula darah. Namun, tentunya didukung dengan pola makan dan pilihan gizi seimbang ketika sahur dan berbuka.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga Ketika Berpuasa?

Untuk Waktu yang tepat untuk olahraga ketika berpuasa yakni antara lain:

  • Dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka puasa.
  • Setelah berbuka puasa.
  • Sebelum sahur.
  • Sesaat setelah sahur.

Namun yang terpenting adalah, kita mengenali tubuh kita sendiri. Bagaimana kita menakar kemampuan kita saat berolahraga, jangan lemas bahkan pingsan.

Apa Jenis Olahraga yang Tepat Ketika Berpuasa?

Jenis olahraga yang tepat ketika kita sedang puasa antara lain:

  • Jenis olahraga yang biasa dilakukan seperti biasanya (pada umumnya).
  • Bukan olahraga high impact karena dapat dengan cepat membuat tubuh kita capek hingga lemas.
  • Bukan olahraga renang, karena tentu saja membatalkan puasa.
  • Pilih olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang seperti berjalan, jogging, atau naik sepeda.

“Naik sepeda akan menguatkan otot lutut, mengurangi beban lutut. Maka untuk waktunya sebaiknya dilakukan jangan saat berpuasa di siang hari, tetapi pada waktu-waktu yang saya sebutkan,” tutur Tutik.