Makin Kekinian, Kampung Ramadhan Jogokariyan Tempat Hits Buat Ngabuburit


SURATKABAR.IDBagi warga Yogyakarta khususnya di sekitaran Masjid Jogokariyan tentunya tidak asing dengan kehadiran Kampung Ramadhan Jogokariyan yang pada ramadan tahun ini kembali diselenggarakan.

Antusias dari masyarakat tidak berkurang sedikitpun walaupun sempat dilanda hujan.

Seperti biasanya, para pemilik lapak akan mulai berdagang menjelang adzan Ashar berkumandang, beberaoa lapak-lapak pedagang sudah terlihat di sekitaran Masjid Jogokariyan. Satu persatu makanan dan minuman dipersiapkan untuk memenuhi hasrat masyarakat yang tengah mencari panganan berbuka.

Lapak-lapak terlihat memadati kawasan Kampung Ramadhan Jogokariyan setelah ashar. Walaupun hujan sempat turun beberapa saat sehingga membuat pedagang menutup dagangannya dan berteduh, namun mereka kembali menjajakan dagangannya setelah hujan reda. Banyaknya makanan dan minuman yang dijual dan sebagian besar nampak sangat kekinian, membuat masyarakat betah menghabiskan waktu ngabuburit sambil sekedar mencari takjil  untuk berbuka puasa.

Baca Juga: Tim Ilmuwan Internasional Ungkap Kemungkinan Gurita adalah Alien

Makanan hingga minuman kekinian yang sedang hits seperti es kepal dan es campur, bahkan camilan-camilan bakar seperti sosis dan bakso juga tersedia disini. Tak terkecuali panganan khas Ramadhan seperti kolak pun tetap tersedia dan laris diburu pembeli.

Ahmeda Aulia Nurseta selaku Ketua Panitia Kampung Ramadhan Jogokariyan ke-14, menyebutkan bahwa gelaran tahun ini sudah dimulai sejak tanggal 20 April yang di awali dengan pertunjukan wayang kulit. Kemudian dilanjutkan dengan tabligh akbar, serta pembukaan secara resmi oleh Kapolda DIY dan Danrem 072 Pamungkas.

Tema yang diangkat pada Kampung Ramadhan Jogokariyan ke-14 adalah Bersatu untuk Keberkahan Negeri. Ahmeda berharap, tema yang diangkat dapat mempersatukan umat, TNI dan Polri Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kapolda DIY, Brigjen Ahmad Dhofiri menyatakan, Kampung Ramadhan Jogokariyan yang terus dilaksanakan setiap tahun ini adalah luar biasa. Ia menilai tersebut sebagai tradisi budaya yang sangat kental dan mampu memberikan contoh nilai-nilai kebersamaan antar umat beragama.

“Kita ingin mengajak masyarakat dengan situasi kita seperti sekarang, Jogokariyan ingin memberikan pembelajaran kepada masyarakat, Islam rahmatan lil alamin tergambar melalui Kampung Ramadhan yang ada di Masjid Jogokariyan,” kata Dhofiri.

Kedepannya, Kampung Ramadhan Jogokariyan akan diisi kegiatan-kegiatan seperti tarawih ala Madinah, sore berkisah, kajian obrolan dan lagu. Dan kabar bahagia untuk pemburu takjil gratis, setiap harinya Masjid Jogokariyan akan menyediakan sajian berbuka sebanyak 2.500 porsi.

“Insya Allah tahun ini dimeriahkan lebih dari 300 pedagang yang berjajar dari ujung timur sampai ujung barat Jalan Jogokariyan,” kata Ahmeda, Kamis (17/5) sore dikutip dari republika.co.id

Sependapat dengan Dhofiri, Danrem 072 Pamungkas, Brigjen TNI Muhammad Zamroi menilai bahwa Kampung Ramadhan Jogokariyan merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan pelajaran ke masyarakat. Terutama, untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya di daerah Jogokariyan.

“Jogokariyan ini masjid yang sangat nasionalis, karena Islam yang rahmatan lil alamin itu betul-betul mengemuka,” Ujar Zamroni.

Bagaimana? Apakah Kamu Tertarik berkunjung ke Kampung Ramadhan Jogokariyan yang Kekinian ini?