Komentar Pedas Fadli Zon Soal Insiden Berkibarnya Bendera Israel di Papua


SURATKABAR.ID Sebuah video yang berisi konvoi kendaraan yang di duga di Papua yang mengibarkan bendera Israel. Rekaman berdurasi sekitar semenit tersebut menjadi viral dan jadi perhatian Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Pimpinan DPR yang membidangi bidang politik, hukum dan keamanan itu menyesalkan konvoi kendaraan berbendera Israel.

Fadli berharap ada penjelasan dari Polri terkait pengibaran bendera Israel di Papua tersebut. Pasalnya, menurut dia, pengibaran bendera Israel di Indonesia bisa memberikan interpretasi berbeda.

“Saya kira aspirasi mayoritas masyarakat Indonesia menolak Israel serta menolak pemindahan Kedutaan AS ke Yerusalem (dari Tel Aviv, red), kemudian ada peristiwa pengibaran bendera seperti itu,” kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018), dikutip dari jpnn.com.

Ia berharap tidak terjadi lagi hal tersebut dikemudian hari. Sebab, aksi semacam itu bisa menimbulkan kesalahpahaman.

Baca Juga: Demo Soal Relokasi Kedubes AS, Puluhan Warga Palestina Ditembaki Tentara Israel

“Sehingga baiknya itu dihentikan karena itu jelas dari negara Israel yang bukan bendera dari tradisi melainkan bendera dari zionis Israel,” ungkap Fadli.

Sementara itu, Kapolda Papua Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar mengatakan konvoi ini dilakukan oleh komunitas Sion Kids. Menurutnya, mereka menggelar acara peringatan budaya yang sudah menjadi tradisi.

“Pengibaran bendera Israel di Jayapura peringatan dari komunitas Sion Kids, ini komunitas masyarakat. Itu sudah seperti tradisi dan merupakan budaya,” ujar Boy saat dihubungi, Kamis (17/5/2018), dikutip dari cnnindonesia.com.

Boy mengatakan jika kegiatan tersebut sama sekali tidak terkait politik. “Mereka dulu ada sejarah dengan pendeta Israel yang dulu pernah berdakwah datang ke Indonesia. Itu sekarang sudah jadi tradisi dan budaya. Itu saja tidak ada kepentingan lain,” kata Boy.