Termahal di Dunia, Harley Davidson Ini Bermandikan Emas dan Berlian


SURATKABAR.ID – Menjadi motor termahal di dunia, Harley-Davidson Blue Edition merupakan sepeda motor yang dibuat oleh pembuat jam dan perhiasan mewah kelas dunia asal Swiss, Bucherer. Pembuat perhiasan Bucherer Fine disebut bekerja sama dengan spesialis motor, Bündnerbike, penciptaan sepeda motor unik ini telah menghabiskan modal sebesar US$ 1,79 juta atau sekitar Rp 26 miliar. Adapun waktu pengerjaannya sendiri memakan lebih dari 2500 jam.

Dilansir dari reportase Otomotif.Tempo.co, Kamis (17/05/2018), sebuah tim yang terdiri dari delapan orang dari Bucherer dan Bündnerbike bertanggung jawab dalam pengerjaan Harley Davidson edisi ini. Sepeda motor itu diungkap ke publik di sebuah acara di Zurich, Swiss.

Basis Harley-Davidson Blue Edition adalah Harley-Davidson Softail Slim S. Namun hasil akhirnya bahkan tak terlihat seperti Harley yang asli. Rangka dan peleknya telah dibuat khusus. Beberapa bagian bahkan berlapis emas. Para penciptanya juga telah berhasil membuat mesin transparan yang memperlihatkan saat camshaft berputar.

Motor ini membutuhkan waktu satu tahun untuk dirancang dan diproduksi. Setiap bagian motor dibuat secara handmade alias manual. Setiap bagian motor kustom, dilapisi perak dan emas, dan jok dari kulit sapi yang dijahit tangan di Swiss. Jok dijahit dengan tangan yang terdiri dari cat warna-warni dominasi biru setebal enam lapisan dengan menggunakan teknik yang dirahasiakan, demikian dikutip dari laporan Liputan6.com.

Seluruh bagian Harley-Davidson diterangi oleh LED tahan panas. Bahkan, ini adalah satu-satunya sepeda motor di dunia yang memiliki mesin yang diterangi dari dalam.

Baca juga: 3.000 Orang Swedia Ditanami Microchip, Aman atau Berbahaya?

Integrasi Jam Tangan

Untuk tangkinya juga dihiasi 17 jam tangan ultra high-end Bucherer, salah satunya terletak di sisi kanan tangki bahan bakar. Belum pernah ada yang mengintegrasikan jam ke dalam sepeda motor langsung dari pabrik, sehingga Harley Davidson edisi ini menjadi sebuah inovasi.

Selain itu, motor ini juga terpasang jam tangan khusus, yang didasarkan pada model Bucherer’s Patravi TravelTec II.

Paling mewah, motor ini juga dihiasi cincin berlian Dizzler, seharga US$ 2 juta atau setara dengan Rp 27,7 miliar. Cincin berlian Dizzler 5,40 karat ini ditempatkan di bagian kiri tangki bahan bakar.

Untuk melindungi jam tangan Carl F. Bucherer yang dibuat secara eksklusif dari getaran mesin, ia dimasukkan dalam tempat dengan dudukan khusus yang terbuat dari lingkaran silikon. Ring tersebut akan melindungi jam tangan dari getaran saat motor digunakan.

Harley-Davidson Softail Slim S menggunakan mesin 1,8 liter V-Twin berpendingin udara dengan torsi 148Nm. Mesinnya dikawinkan dengan gearbox 6-percepatan. Motor ini digadang-gadang dibanderol seharga US$ 18.999, atau sekitar Rp 267 juta.