Berbeda dengan Anies Baswedan, Sandiaga Uno Malah Tak Ingin Jam Kerja PNS Dikurangi

SURATKABAR.IDWakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tidak ingin ada pengurangan jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama bulan Ramadhan. Menurutnya, mereka pasti mampu bekerja dengan jam kerja seperti biasa.

“Kalau bisa tetap samalah. Puasa kan cuma enggak makan siang doang,” ujar Sandiaga Uno di Hotel Pullman, Jalan Sudirman, dikutip dari Kompas, Senin (14/5/2018).

Sandiaga memaklumi, PNS ingin pulang cepat agar bisa berbuka puasa bersama keluarga. Namun, dia tidak ingin pelayanan masyarakat terganggu.

“Kalau mau buka puasa sama keluarga sih bagus, tapi ya bagaimana untuk pelayanan publiknya, asal jangan terganggu saja,” kata Sandiaga.

Sandiaga akan membahas masalah itu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia ingin jam kerja PNS selama bulan Ramadhan memperhatikan faktor-faktor penting.

Baca juga: PNS Bakal Gajian Tiga Kali di Bulan Juni 2018

“Kalau pulang pukul 14.00 apakah ada beban buat traffic. Nanti kami lihat satu-satu, tapi harus komprehensif. Saya bicara deh sama Pak Anies,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menandatangani Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 801 Tahun 2018 tentang Pengaturan Jam Kerja Selama Bulan Suci Ramadhan.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Tarnedi mengatakan, PNS DKI sudah bisa pulang pukul 14.00 WIB selama Ramadhan.

“Kita berbeda dengan yang pusat ya. Tapi pada dasarnya jam kerjanya sama, muatannya sama. Kalau dari Menpan pukul 08.00 WIB-15.00 WIB. Kita dimajukan satu jam lebih awal, pulang juga dimajukan,” ujar Tarnedi

Adapun aturan yang ada dalam Kepgub ini sama dengan aturan tahun lalu. PNS DKI mulai bekerja pukul 07.00 WIB dan pulang kerja pukul 14.00 WIB, pada Senin sampai Kamis selama Ramadhan. Jam istirahat bagi para PNS DKI adalah pukul 12.00 WIB sampai 12.30 WIB.

Khusus untuk hari Jumat, PNS DKI mulai bekerja pukul 07.00 WIB dan pulang kerja pukul 14.30 WIB. Jam istirahat PNS DKI pada hari Jumat adalah pukul 11.30 WIB sampai 12.30 WIB.