Wow Setelah Beli Sukhoi Dari Rusia, Kini Indonesia Borong Rudal Berharga Triliunan Dari AS


    aim-120-amraam-001-ts600

    Indonesia mengajukan permintaan pembelian 36 rudal termasuk perlengkapan dan logistik perang kepada pemerintah Amerika Serikat (AS)…

    Setelah sebelumnya melakukan pembelian sejumlah pesawat SU-37 dari Russia, kali ini pemerintah Indonesia kembali berbelanja kebutuhan militer, namun bukan dari negeri Beruang Merah tersebut, kali ini Kementerian Pertahan memborong sejumlah rudal canggih dari AS.

    Washington DC mengkonfirmasi permintaan pemerintah Indonesia untuk membeli 36 rudal canggih dengan harga mencapai Rp 1,2 triliun. Paket pembelian tersebut termasuk juga logistik, perlengkapan dan pelatihan berperang.

    Seperti dilansir dari detikcom , konfirmasi tersebut dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri AS, melalui situs US Defence Security Coorperation Agency (DSCA) pada 10 Maret yang lalu.

    DCSA sendiri merupakan badan di bawah Departemen Pertahanan AS yang memiliki tanggung jawab atas penjualan senjata, pelatihan dan menjaga hubungan baik antara militer AS dengan para sekutunya.

    Sedangkan rudal-rudal yang dipesan oleh pemerintah Indonesia terdiri dari AIM-120C-7 Advanced Medium Range Air to Air Missiles (AMRAAMs)dengan nilai sekitar Rp 1,2 triliun atau USD 95 juta. Biaya selangit tersebut juga sudah termasuk dengan berbagai perlengkapan pelatihan dan dukungan logistik bagi rudal canggih tersebut. DCSA sendiri sudah mengirimkan pemberitahuan kepada Kongres AS terkait dengan kemungkinan penjualan ini pada 9 Maret 2016.

    Lanjut ke halaman selanjutnya >>