Berpetualang ke Transnistria, Negara Hantu yang Keberadaannya Tak Diakui Dunia


SURATKABAR.ID – Saat ini, setidaknya ada 193 negara yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Nama-nama negara seperti Thailand, Jepang, Italia, Spanyol, Norwegia, atau Mesir mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita semua. Namun pernahkah kamu mendengar tentang negara yang bernama Republik Transnistria? Negara ini disebut-sebut sebagai negara hantu alias negara yang keberadaannya tak pernah diakui dunia. Seperti apa negaranya?

Mengutip reportase Grid.ID, Rabu (09/05/2018), negara mungil ini terletak di antara Moldova dan Ukraina. Dengan Triaspol sebagai ibu kotanya, pada tahun 1990, Transnistria memproklamasikan kemerdekaannya tanpa dukungan internasional. Transnistria dulunya adalah bagian dari Uni Soviet. Hingga akhirnya negara ini memisahkan diri saat Uni Soviet runtuh.

Belum Resmi Diakui PBB

Sama seperti negara-negara lainnya, Transnistria tentunya juga punya sistem pemerintahan, mata uang, dan pasukan militer sendiri. Kendati begitu, keberadaan negara kecil ini belum juga diakui secara resmi oleh PBB.

Ini dikarenakan Transnistria masih dalam kondisi gencatan senjata dengan Moldova.

Selain itu, mata uang dan paspor Transnistria juga tak berlaku di seluruh dunia.

Baca juga: Menelusuri Goli Otok, ‘Neraka Hidup’ Era Perang Dingin di Kroasia

Alhasil, posisi Transnistria ini dianggap belum memenuhi syarat sebagai negara yang merdeka.

Melansir TribunTravel, disebutkan bahwa jika kamu berkesempatan menyambangi Transnistria, kamu akan merasa seolah kembali ke masa silam.

Transnistria ini menyuguhkan pemandangan kota-kota bersejarah dengan bangunan tua yang masih terawat dan berfungsi seperti zaman dahulu kala.

Banyak yang mengatakan, setiap sudut negara ini mengingatkan pengunjung pada zaman kejayaan Uni Soviet.

Pengunjung bisa melihat gambar Joseph Stalin dipajang di setiap toko di Transnistria.

Bahkan, bendera negara ini pun bergambar palu dan arit khas negara komunis. Kendati begitu, Transnistria mengaku kalau mereka bukanlah negara komunis.

Rakyat Transnistria terdiri dari 3 etnis

Rakyat negara ini terdiri dari sepertiga etnis Rusia, sepertiga etnis Ukraina, dan sepertiga suku Rumania. Etnis-etnis tersebut bercampur hingga menghasilkan keturunan Transnistria yang punya ciri khas wajah cantik dan ganteng.

Budaya Transnistria dipengaruhi banyak suku dan etnis

Walau disebut sebagai negara hantu dan tak diakui dunia, anak-anak muda di negara ini juga tetap gaul dan mengikuti tren hiburan dunia. Mereka juga suka musik pop, main video game, dan tentunya menyimak serta mengikuti gosip artis-artis internasional.

Gimana, tertarik nggak nih mengunjungi negara yang tak dianggap ini?