Kehebohan Netizen Saat Temukan Struk #2019GantiPresiden di Resto Ayam Geprek dan ATM BCA


SURATKABAR.ID – Sebuah foto menjadi viral di media sosial. Foto tersebut menunjukkan struk pembayaran di satu rumah makan di Yogyakarta. Dalam struk rumah makan Ayam Geprek Eskom tersebut, tertuliskan #2019gantipresiden. Berdasarkan penelusuran awak media, Ayam Geprek Eskom berada di Sleman, Yogyakarta. Struk yang diterima pelanggan ini pun menjadi sorotan para netizen.

Salah seorang netter yang membagikan foto struk tersebut adalah akun Twitter @ambarwatirexy, demikian mengutip reportase TribunNews.com, Selasa (08/05/2018).

“Warung Ayam Eskom di Jogja pengen ganti Presiden..?? Hmmm… OK deh.. Pitik pun ikut berpolitik (caption tawa) Udah ada yang pernah makan situ kah..?? Endes gak..??” tulisnya.

Manajemen Ayam Geprek Eskom pun langsung memberikan klarifikasi.

“Tulisan #gantipresiden tertulis d struk, adalah ulah oknum karyawan dan kami phk menejemen tdk prnh menginstruksikan sm skali tulisn itu,” tulis akun @ayameskom.

Baca juga: Muncul Tulisan #2019GantiPresiden di Struk Rumah Makan, Kang Dede Tantang Mardani Ali Sera Lakukan Ini

Menurut akun tersebut, hal itu terjadi karena oknum karyawan Ayam Geprek Eskom. Karyawan tersebut kini sedang dalam proses diberhentikan. Kejadian ini juga hanya terjadi di mesin kasir eskom di Jalan Kaliurang Km 13,5 dan tidak terjadi di cabang lain.

“Kami memohon maaf yg sebesar2nya atas kejadian ini kepada pelanggan dan pihak yg lainnya ,& berusaha memperbaiki kesalahan ssegra mungkin,” tulisnya.

Ada juga netter yang menyebut tindakan itu kemungkinan dilakukan owner. Namun, akun tersebut membantahnya.

“Kami klarifikasi sekali lagi,Tulisan #2019gantipresiden merupakan inisiatif oknum karyawan yg punya hak di mesin kasir,bukan dr pihak owner,” tulisnya.

Akun ini menjelaskan owner Eskom di Jalan Kaliurang bukan yang disebutkan netter. Terakhir mereka menyatakan manajemen tidak tahu akan tulisan tersebut. Pihaknya juga akan menindak tegas oknum karyawan.

Struk BCA

Contact Center dari Bank Central Asia (BCA), HaloBCA, melalui akun Twitter resminya merespon pertanyaan-pertanyaan warganet seputar struk ATM yang sebelumnya diunggah aktivis gerakan #2019gantipresiden, Mustofa Nahrawardaya.

Diketahui, sebelumnya Mustofa mengunggah foto struk ATM di Twitter pribadinya @NetizenTofa.

Dalam kolom berita struk tersebut tertulis hashtag 2019 ganti presiden.

“Jangan lihat jumlah transaksinya. Tapi lihat bunyi pesannya….. #2019GantiPresiden,” cuit Mustofa dalam keterangan gambar unggahannya, Kamis (3/5/2018).

Unggahan tersebut pun memantik banyak komentar dari warganet. Beberapa netizen sangsi dengan keaslian foto tersebut dan menyebutnya editan.

“Struk sperti itu gampang di edit, yg bwt penipuan aja byk,” tulis akun @RiniNurhalizah.

Namun Mustofa menyangkal bahwa foto tersebut editan dengan membalas cuitan netizen tersebut.

“Saya sendiri yang transaksi Om. Jangan suujon,” tulis akun @NetizenTofa membalas akun @RiniNurhalizah.

Banyak warganet yang kemudian ‘mencolek’ admin HaloBCA guna menanyakan apakah struk bertulis “2019 ganti presiden” tersebut memang dikeluarkan oleh bank yang bersangkutan.

Dalam kolom komentar, beberapa kali admin HaloBCA menjawab pertanyaan warganet. Pertanyaan besar mengenai struk itupun turut terjawab. Yakni,  fitur isi berita transaksi memang ada melalui ATM non tunai BCA. Namun terkait isi berita, sepenuhnya merupakan tanggung jawab nasabah yang melakukan transaksi. Dengan kata lain, nasabah bisa menuliskan berita yang ia kehendaki.

“Selamat sore Bapak Dion, saat ini memang terdapat fitur isi berita pada transaksi transfer melalui ATM non tunai BCA, namun isi berita sepenuhnya menjadi tanggung jawab nasabah yg melakukan transaksi tsb. Tks 🙂
^Romi,”
tulis akun tersebut.

Yang terjadi selanjutnya, admin Halo BCA tampak beberapa kali menjawab pertanyaan warganet yang dituliskan dalam kolom komentar postingan tersebut.