Terbongkar! Tak Disangka Informasi Kesehatan Dr Oz di Negara Asalnya Hampir Separuhnya Bualan Belaka


SURATKABAR.ID – Konsultasi dengan dokter menjadi hal yang wajar dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan. Namun kini tanpa perlu melangkahkan kaki keluar rumah, kita sudah dapat mencari tahu apa yang salah dari tubuh, salah satunya dengan menonton acara kesehatan seperti Dr Oz.

Namun sayang, seperti dilansir dari laman Grid.ID, program Dr Oz dan The Doctors di negara asalnya, yakni Amerika Serikat, yang seharusnya menjadi tuntunan penonton untuk mempelajari gaya hidup sehat malah terjerat kasus.

Menurut para peneliti dari University of Alberta, Kanada, materi-materi kesehatan yangdisampaikan dalam acara tersebut tidak sepenuhnya benar. Bahkan lebih parahnya lagi, hampir 50 persen materi mereka hanya berupa bualan belaka tanpa didasarkan oleh penelitian yang jelas.

Peneliti-peneliti tersebut menyelidiki program kesehatan, yaitu Dr Oz dan juga The Doctors Amerika Serikat. Keduanya sudah menayangkan sebanyak 445 episode sejak tahun 2014 silam. Dan ditemukan fakta yang sangat mengejutkan.

Rata-rata dalam acara tersebut pemirsa mendapatkan 12 rekomendasi tentang kesehatan yang berbeda di setiap episodenya. Namun sayang, hanya 50 persen saja yang didukung dengan fakta-fakta ilmiah serta penelitian medis empiris. Sisanya hanya merupakan rekomendasi kesehatan tak berdasar.

Baca Juga: Jangan Percaya Lagi! 5 Kepercayaan Tentang Otak Selama Ini Ternyata Mitos

Hasil penelitian tersebut kemudian dipublikasikan di British Medical Journal. Tak ketinggalan, tim peneliti juga membuat bagan yang berisi materi kesehatan apa saja yang sering disampaikan Dr Mehmet Oz, sang pembawa acara program kesehatan tersebut.

“Siapa pun mengikuti saran yang diberikan hanya atas dasar kepercayaan pada acara tersebut daripada melalui penjelasan yang benar-benar ada data empirisnya,” demikian tulis para peneliti yang berasal dari University of Albera, seperti dikutip dari Grid.ID, Selasa (8/5/2018).

“Pemirsa harus kritis dalam materi kesehatan yang diberikan di acara talk show di televisi, karena rincian materi kesehatannya belum tentu benar, harus dilakukan penelitian lebih lanjut terlebih dahulu,” tambah mereka.

Di sisi lain, Dr Mehmet Oz sendiri merupakan seorang dokter berpengalaman di bidang medis, terutama kesehatan fisik. Dan sebelumnya, tepatnya pada 2014, ia pernah dipanggil sub komite senat Amerika lantaran penjelasan medisnya terkait produk penurunan berat badan yang dianggap menyesatkan.

Saat ini, pria kelahiran 11 Juni 1960 di Ohio ini tak hanya membawakan acara talk show Dr Oz dan The Doctors saja. Rupanya pemilik nama lengkap Mehmet Cengir Oz ini ditunjung Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebagai penasihat kesehatan negara adidaya tersebut.