Cak Imin Sebut Kalau Bukan Dirinya yang Jadi Cawapres, Jokowi Bisa Kalah


SURATKABAR.ID – Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap berharap Presiden Ir. Joko Widodo (Jokowi) akan memilihnya sebagai memilihnya sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019. Menurut penilaiannya, Cak Imin khawatir, Jokowi akan kalah pada Pilpres 2019 mendatang jika tidak menggandeng dirinya sebagai cawapres.

“Saya cuma bisa mengingatkan, kalau bukan saya (cawapresnya) dikhawatirkan (Jokowi) bisa kalah,” ungkap Cak Imin di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Sabtu (05/05/2018). Demikian seperti dikutip dari laporan Kompas.com.

Cak Imin juga yakin dirinya akan dipilih oleh Jokowi, dibanding nama-nama lain seperti Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy atau Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato.

“Sangat optimis jadi cawapres,” tutur Cak Imin yakin, seperti dikutip dari BanjarmasinPost.

Elektabilitas Meningkat

Apalagi, Cak Imin yang juga Wakil Ketua MPR tersebut melanjutkan, berdasarkan hasil beberapa survei terakhir, elektabilitasnya terus meningkat.

Baca juga: AHY dan Sri Mulyani Paling Diunggulkan untuk Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

“Alhamdulillah meningkat terus. Saya yakin masih ada waktu tiga bulan, pada akhirnya bisa menjadi alternatif (cawapres) kuat,” imbuh Cak Imin.

Langkah Cak Imin untuk maju sebagai cawapres Jokowi tak mudah. Pasalnya, saat ini Jokowi didukung oleh sejumlah partai yang belum tentu menerima pencalonan Cak Imin sebagai cawapres.

Adapun partai pengusung itu antara lain Partai Golkar yang juga disebut akan mengajukan ketua umumnya, Airlangga Hartarto sebagai pendamping Jokowi. PPP juga sudah mengisyaratkan untuk mengajukan nama ketua umumnya, Muhammad Romahurmiziy untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019.

PAN Dukung Cak Imin

Secara terpisah, Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) juga menganggap bahwa Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ini pantas mendampingi Presiden Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 2019.

“Cak Imin cawapres sudah ke mana-mana, saya kira sudah lebih dari pantas,” sebut Zulkifli di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Sabtu (05/05/2018).

Apalagi, menurut Zulkifli, Cak Imin juga punya dukungan dari partai politik dan organisasi kemasyarakat dengan basis massa yang besar.

“(PKB) partai besar. Di belakangnya juga Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) banyak juga (massanya),” imbuh Zulkifli.

Oleh sebab itu, Zulkifli menambahkan, salah besar jika kemudian Jokowi tak menggandeng Cak Imin sebagai pendampingnya pada pilpres mendatang.

“Kalau enggak pilih Cak Imin sebagai cawapres, saya kira memang bisa-bisa Pak Jokowi salah pilih,” tandas Zulkifli.

Ketua MPR RI tersebut pun menyatakan diri sebagai pendukung Cak Imin untuk menjadi cawapres Jokowi.

“Saya ini pendukung Cak Imin untuk Pak Jokowi. Kalau yang lain belum tentu,” tegas Zulkifli.