Momen Ziarah, Prabowo Subianto Sujud dan Cium Makam Bung Karno


    SURATKABAR.ID – Pada Jumat (04/05/2018), Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra mengunjungi makam Presiden pertama RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur. Prabowo tiba sekitar pukul 09.30 WIB bersamaan dengan putri Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri. Mobil keduanya tiba beriringan. Begitu turun dari mobil, Prabowo langsung menyalami kader dan pendukungnya yang sudah menunggu di lokasi.

    Melansir laporan Kompas.com, Jumat (04/05/2018), Prabowo dan Rachmawati yang duduk di atas kursi roda masuk ke kawasan Makam Bung Karno. Ada dua petugas yang membantu memegang kursi roda Rachmawati saat masuk. Setibanya di kawasan makam, Prabowo disambut barisan pasukan kader Partai Gerindra yang hendak melakukan apel sebelum ziarah ke makam Proklamator.

    Sebelum masuk ke area makam, Prabowo didapuk sebagai inspektur upacara dan memimpin kader mengheningkan cipta. Rachmawati terlihat tak kuasa menahan tangis saat acara mengheningkan cipta. Setelah itu, keduanya, didampingi para kader dan pendukung, masuk menuju ke area pusara.

    Di depan pusara Bung Karno, Prabowo langsung duduk berjongkok. Kedua telapak tangannya disatukan dan diangkat di atas kepala sambil membungkukkan badan seperti menyembah. Prabowo lalu membungkukkan badannya sampai kepalanya menempel pada pusara Bung Karno. Dia lalu terlihat mencium pusara Bung Karno.

    Setelah menabur bunga, Prabowo dan semua hadirin berdoa bersama di depan pusara. Prabowo tiba di Kota Blitar pada Kamis (03/05/2018), kemarin malam. Mantan suami dari Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soeharto) ini datang untuk bertemu dengan para kader di wilayah itu.

    Baca juga: Prabowo Subianto: Survei Itu Tergantung Siapa yang Bayar

    Pada malam harinya, Prabowo langsung bertemu kader Partai Gerindra di Hotel Tugu, Kota Blitar. Sejumlah kader Partai Gerindra dari Blitar Raya, Kediri, dan Tulungagung, serta para relawan datang dalam pertemuan terkait.

    “Ingat untuk Apa Kemerdekaan Itu”

    Melansir laporan WartaKota, ziarah itu dimaksudkan untuk mengingat sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

    “Mohon izin saya lanjutkan agenda ziarah ke makam Bung Karno. Mengingat sejarah untuk apa kemerdekaan itu diperjuangkan. Salam,” tulis Prabowo di akun Twitter-nya sekitar siang tadi.

    Saat ini, mantan Komandan Jenderal Kopassus ini tengah berada di kota Blitar, Jawa Timur, untuk sebuah aktivitas. Dia mengaku memulai aktivitas di pagi ini dengan sarapan nasi pecel khas Blitar.

    “Selamat pagi sahabat. Memulai aktivitas pagi dengan energi nasi pecel. Salam dari kota Blitar,” tulis Prabowo.

    Prabowo pun menjawab pernyataan dan pertanyaan  seorang netizen menyarankan  Prabowo fokus kepada dunia pendidikan, khususnya guru dan para siswanya, saat nanti terpilih menjadi presiden.

    Prabowo mengatakan, sebagai anak dari seorang guru, dirinya tentu akan memprioritaskan pembangunan pendidikan setelah masalah ekonomi terselesaikan.

    @prabowo: Insya Allah. Sebagai anak dari seorang dosen, pendidikan menjadi prioritas setelah ekonomi. Mohon ingatkan saya jika saya lupa.

    Seperti diberitakan selama ini, Prabowo Subianto telah menyatakan kesiapannya untuk dicalonkan kembali menjadi calon Presiden pada Pemilu 2019. Kemungkinan Prabowo akan kembali berhadapan dengan Joko Widodo yang juga telah dicalonkan dan menyatakan kesediannya untuk maju kembali menjadi Capres pada Pemilu 2019.

    Namun sejauh ini baru Prabowo Subianto saja sebagai capres yang sudah berziarah ke makam Presiden I RI Soekarno tahun 2018 ini atau menjelang Pilpres 2019. Melalui akun Twitter-nya, Prabowo tidak menjelaskan maksud ziarah ke makam Bung Karno itu. Akan tetapi, cuitan Prabowo tentu saja mengundang komentar beragam warganet.

    @zarazettirazr: Wah pak Prabowo atau admin nih aktifkan lagi silaturahmi onlinenya

    @Akhwan14766644: Karyawan garmen besok gajin…klo karyawan PT apa itu saya lupa hahahha gk bayaran

    @RhomaIhrama: Tuntut Gaji, Bekas Buruh Perusahaan Prabowo Geruduk DPR

    @johanesbudi_w: Semoga Bapak selalu sehat, diberi petunjuk dan bimbingan, serta dilindungi dan diberkati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.