Rocky Gerung: Kalau Sekadar Menanyakan Ikan, Itu Menjelaskan Kedunguan Bangsa


    SURATKABAR.ID Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menjadi sasaran kritik pedas dari mantan dosen Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung. Kali Ini Rocky menyoroti tentang aksi Jokwi yang kerap bagi-bagi sepeda.

    Selain itu, Rocky juga melontarkan kritik terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan Jokowi sebelum memberikan hadiah sepeda.

    “Kalau sekadar menanyakan ikan, itu menjelaskan kedunguan bangsa. Sebab, kita diajak untuk mempertanyakan multiple choice,” tutur Rocky dalam seminar pendidikan nasional yang diselenggarakan PKS di Jakarta, Rabu (2/5/2018), dikutip dari jpnn.com.

    Rocky berpendapat jika Jokowi sebaiknya memberikan pertanyaan yang substantif guna memberikan rangsangan pada nalar dan logika berfikir generasi muda.

    “Ada yang tidak jalan dalam logika itu karena suasana argumentasi itu tidak dijalankan. Kita bisa tanya dalam sepuluh tahun ke depan kemampuan imajinasinya seperti apa,” tutur Rocky.

    Baca Juga: Pedas! Ruhut Sitompul Sebut Rocky Gerung Idap Stroke Mulut

    Ia juga menilai jika Jokowi tidak memiliki arah dalam dunia pendidikan. “Seharusnya Nawacita itu menjadi arah. Nawacita itu (Jokowi) pun tak mengerti apa yang ditulis dan itu bisa nabrak,” kata Rocky.

    Rocky junga mengaitkan mengenai klaim pemerintah yang selama ini telah sukses membangun infrastuktur. Menurutnya, pembangunan seharusnya tidak hanya berfokus pada infrastruktur, tetapi juga sumber daya manusia (SDM).

    “Kita bisa bilang presiden kita bangun infrastruktur. Padahal, infrakstrukur manusia itu adalah kecerdasan,” tegas Rocky.

    Rocky belakangan mendapat banyak perhatian publik, selain sikap kritisnya terhadap pemerintahan Jokowi, ia juga disorot lantasa ucapannya mengenai kitab suci adalah fiksi. Rocky bahkan harus dilaporkan ke polisi lantaran pernyataanya tersebut.

    Rocky dilaporkan ke polisi dengan dugaan menyebarkan informasi bermotif SARA untuk menimbulkan rasa kebencian.  Rocky dijerat ancaman pelanggaran Pasal 28 Ayat 2 Juncto Pasal 45A Ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dalam laporan tersebut.